Kelebihan dan Kekurangan Drone Hubsan Zino yang Wajib Diketahui

drone hubsan zino

Saat ini drone bukan lagi barang langka sehingga siapa saja bisa memilikinya. Apalagi para pencinta drone atau pesawat tanpa awak ini kian bertambah banyak setiap harinya. Situs-situs web yang membahas drone dan channel-channel youtubenya juga kebanjiran pengunjung.

drone hubsan zino

Orang banyak yang mencari drone bukan hanya sekedar hobby saja, melainkan juga sebagai alat untuk mencari rejeki. Drone kini tak hanya sekedar terbang saja melainkan bisa untuk merekam video dan memotret dengan kualitas gambar yang cukup mumpuni.

Saya sendiri memiliki done merek Hubsan yakni HUBSAN ZINO, drone ini saya gunakan untuk keperluan mengambil gambar sebagai bahan video youtube saya di channel denian pedro. Tak terasa sudah hampir 10 bulan saya menggunakan drone ini. Ada suka dan dukanya selama menggunakan Hubsan Zino.

Kelebihan dan Kekurangan Hubsan Zino

Nah kali ini saya akan memberikan referensi bagi sobat sekalian mengenai kelebihan dan kekurangan drone Hubsan Zino, karena banyak sekali yang masih bingung apakah akan membeli drone ini atau tidak mengingat harga yang ditawarkan lebih murah ketimbang para pesaingnya.

Kelebihan Drone Hubsan Zino

Harga yang Relatif Murah

Pertama kali dirilis sekitar 10 bulan lalu, Hubsan Zino menjadi alternatif pilihan bagi penggemar yang menginginkan drone berkualitas baik terutama dari segi fitur dan kamera. Harga yang ditawarkan lebih murah dibanding pesaingnya yakni sekitar Rp.5,5 jutaan jika dipasaran Indonesia.

Bahkan pertama rilis drone ini sempat digadang-gadang menjadi pesaing DJI Mavic meski pada kenyataannya tidaklah mungkin mengingat harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Mungkin ini hanya sebagai khiasan saja mengingat drone ini memiliki fitur yang cukup lengkap.

Kamera 4K dan Gimbal 3 Axis

Saat itu Hubsan Zino bisa dikatakan pesaing DJI Spark lantaran harganya lebih murah sejuta dari Spark. Namun dari sisi kamera Hubsan Zino menang lantaran sudah resolusi 4K, sementara Spark masih diangka 1080p. Selain itu Hubsan Zino dilengkapi Gimbal 3 Axis sehingga kita bisa lebih leluasa menggerakan kamera untuk mengambil spot gambar menarik.

Fitur Lengkap

Hubsan Zino adalah drone GPS yang dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan diantaranya fitur Follow Me yang mampu mengikuti siapapun yang di lock olehnya, kemudian fitur Orbit untuk mengelilingi objek, fitur RTH atau “Return To Home” sehingga drone akan kembali ke awal saat kondisi batre sudah lemah, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Jarak Terbang

Meski tak sejauh Spark, namun Drone Hubsan Zino hanya memiliki jarak terbang maksimal hingga 1 km, jarak tersebut dirasa cukup jauh mengingat jika kita mengacu kepada peraturan dari CASR sendiri mengharuskan terbang sejauh mata memandang. Jarak ini juga disesuaikan dengan durasi terbang yang mampu hingga 20 menitan, namun pada kondisi tertentu rata-rata terbang hanya sekitar 15 menitan.

Kelemahan Drone Hubsan Zino

Gimbal Mudah Error

Saat ini cukup ramai pengguna Hubsan Zino yang mengeluh kondisi gimbalnya yang error, Namun sepengalaman saya serta dari forum drone Hubsan Zino, rata-rata yang error setelah dronenya mengalami crash.

Jika drone Hubsan Zino yang Crash maka besar kemungkinan gimbal akan mengalami gagal fungsi. Hubsan sendiri memberikan video cara mengatasi untuk gimbal yang error sehingga pengguna bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

Saya sendiri memiliki dua drone Hubsan Zino dan keduanya pernah mengalami crash dan gimbal error, namun drone pertama bisa saya perbaiki sendiri, sementara yang kedua saya kirim ke china untuk diperbaiki di hubsan service.

Tapi bagi mereka yang tidak pernah crash kondisi drone hubsan zino hingga saat ini masih baik-baik saja dengan kemampuan yang tidak berkurang kecuali baterai yang memang tergantung pemakaian.

Susah Mendapatkan GPS

Kadang-kadang susah mendapatkan GPS yang diinginkan, saya sendiri minimal harus mendapatkan GPS diangka 13 baru berani untuk terbang. ZINO sendiri sudah bisa diterbangkan meski GPS diangka 10 saja, hanya saja untuk menjaga keamanan saya memiliki batas minimal yakni 13.

Sebagai drone GPS tentu saja semakin besar angka GPS yang didapatkan maka drone akan terbang dengan lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Tips Aman Menerbangkan Drone Hubsan Zino

Beberapa tips ini bisa kamu lakukan sebelum menerbangkan drone Hubsan Zino, hal ini penting untuk keselamatan drone kamu diantaranya.

  1. Periksa kondisi drone sebelum terbang, misal kondisi propeller apakah sudah terpasang dengan baik atau belum, cek baut-bautnya.
  2. Periksa kondisi baterai, jangan terbang jika kondisi baterai belum penuh atau tidak 100 persen. Jangan terbang menggunakan baterai sisa digunakan kemarin atau sebelumnya meskipun sisanya diatas 80 persen. Lebih baik terbangkan drone hingga kapasitas baterai akan habis atau RTH.
  3. Jangan terbang jika GPS belum cukup, minimal untuk amannya diangka 13 agar drone bisa terbang lebih stabil.
  4. Untuk pemula sebaiknya terbang di lingkungan yang lapang dan hindari dekat-dekat pohon untuk menghindari crash.
  5. Pastikan kabel USB remot dan smartphone terpasang dengan benar, terkadang pada saat tengah terbang, kabel tersenggol sehingga disconnect.
  6. Jika sudah mahir sebaiknya take off dan landing di tangan, hal ini untuk menghindari gimbal atau kamera drone dari debu jika dilakukan ditanah.
  7. Taati peraturan menerbangkan drone sesuai peraturan CASR, FASI atau Departemen Perhubungan.

Nah itulah sekilas tentang kelebihan dan kekurangan drone Hubsan Zino, saat ini ada beberapa drone yang bisa menjadi alternatif pilihan selain Hubsan Zino dengan harga sedikit lebih mahal seperti Fimi X8 SE, DJI Spark atau DJI Mavic Mini. Untuk Mavic Mini cukup baik dengan harga sekitar Rp.7 jutaan, namun Hubsan Zino juga merilis versi Pro dengan harga Rp.5,5 jutaan dan memiliki kualitas lebih baik dibanding versi sebelumnya.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *