Kenapa Mudik Lebaran 2021 Dilarang Ataukah Boleh? Ini Jawabannya

Diposting pada

Nampaknya tahun ini kita kembali gak bisa mudik lebaran 2021. Pasalnya pemerintah secara resmi melarang kegiatan mudik lebaran 2021. Lantas banyak yang bertanya kenapa mudik lebaran 2021 dilarang? Ada juga yang masih bingung apakah boleh mudik lebaran 2021?

Kenapa Mudik Lebaran 2021 Dilarang Ataukah Boleh? Ini Jawabannya
Mudik Lebaran 2021 Dilarang

Ahh sudah lah, saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum bulan puasa tiba, rencananya mau mudik ke Pangandaran untuk menengok ibu saya yang tinggal sendirian, rencananya kita sekeluarga ingin merasakan bulan puasa di kampung halaman dan merayakan hari Raya Idul Fitri 2021.

Namun cukup kaget juga ketika dipemberitaan baik media online maupun televisi ternyata pemerintah melarang kegiatan mudik tahun ini tak terkecuali untuk siapapun.

Ini menjadi kedua kalinya kita tidak bisa merasakan mudik lebaran setelah tahun lalu juga situasinya sama persis. Akibat pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir semuanya menjadi serba susah.

Dilansir dari Nasional.Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berdasarkan hasil rapat tingkat menteri, Jumat (26/3/2021), mengatakan mudik tahun ini dilarang.

“Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat,” ujar Muhadjir dalam konferensi pers secara virtual, usai rapat.

Kenapa Mudik Lebaran Dilarang Tahun 2021?

Alasannya sudah jelas dimana ketika musim liburan seperti natal dan tahun baru ataupun mudik tahun lalu yang sedikit ada kelonggaran jumlah orang terkena Covid-19 kabarnya mengalami peningkatan hingga 30 persen.

Angka penularan dan kematian menjadi meningkat pesat sehingga di acara mudik lebaran 2021 mau tidak mau harus dilarang untuk mengurangi atau menghentikan penularan virus Covid-19.

Pemerintah tahun ini melarang mudik lebaran agar penularan bisa dihentikan dan ditargetkan pemulihan ekonomi bisa cepat terealisasi.

Kapan Larangan Mudik Diberlakukan?

Dari informasi yang didapat larangan mudik lebaran 2021 akan mulai diberlakukan tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Bukan hanya itu, sebelum dan sesudah waktu yang ditetapkan tersebut pemerintah juga menghimbau agar masayarakat tidak melakukan aktivitas berpergian.

Semoga Kondisi ini cepat kembali pulih dan normal seperti sedia kala, semoga Allah Subhanahuwata’ala segera mengangkat penyakit ini dari muka bumi. Amiinn ya Allah.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”