Kepanjangan dari ROM Adalah

Kepanjangan ROM adalah

Kepanjangan dari ROM adalah Read Only Memory, berupa perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer yang bersifat permanen. Atau kita lebih mudah memahaminya sebagai sebuah perangkat memory untuk penyimpanan data pada sebuah komputer.

Kepanjangan ROM adalah
Kepanjangan ROM adalah

Apa Bedanya dengan RAM?

Sementara kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory yakni perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menyimpan data pada komputer yang bersifat sementara. Nah jadi sekarang sobat sudah mulai mengetahuinya ternyata pada sebuah komptuter ternyata memori bukan hanya RAM saja melainkan juga ROM.

Penjelasan ROM

Seperti dikatakan diatas ROM (Read Only Memory) perangkat keras untuk menyimpan data secara permanen, umumnya data-data yang disimpan berupa program-program bawaan pabrik komputer juga firmware yang tidak akan hilang sekalipun laptop atau komputer sobat mati.

Bentuk ROM memang mirip dengan RAM yakni berupa chip dengan peran yang sangat penting untuk operasional komputer seperti menjalankan sistem booting komputer. Secara umum data-data pada ROM tidak bisa durubah lagi karena memiliki kode-kode informasi yang bisa menjalankan sistem komputer secara normal.

Namun ada juga ROM yang bisa dirubah datanya yang disebut programmable ROM dan inipun ada beberapa varian seperti Programmable Read Only Memory (PROM), Electrically Alterable Read-Only Memory (EAROM), Electrically Programmable Read-Only Memory (EPROM) dan Electrically Erasable Programmable Read Only Memory (EEPROM/ Flash ROM).

Fungsi ROM (Read Only Memory)

Lantas bagaimana fungsi ROM secara lebih luasnya? Setidaknya ada tiga fungsi utama ROM yang sangat penting diantaranya.

Tempat Penyimpanan Kode Booting
Mudahnya, kode booting ini akan dijalankan pada saat komputer mulai dinyalakan dan pada umumnya tampilan layar masuk ke BIOS yakni proses membaca informasi hardware pada komputer. Jika semuanya terbaca maka layar akan terbuka normal dan komputer bisa langsung kita gunakan.

Sebagai Alat Distribusi Software
Kalau sobat ingin menginstal sebuah software maka akan lebih aman diinstal pada memori ROM karena memang ROM ini akan lebih awet dan jaminan tidak akan ada kerusakan. Berbeda jika menyimpannya dimedia simpan lain jika ada kerusakan maka sulit diperbaiki.

Tempat Penyimpanan Data yang Aman
Melakukan back-up file ke dalam ROM merupakan solusi tepat terutama bagi Anda yang tidak ingin datanya terkena virus. Selain dijamin jauh dari jangkauan virus, media ROM juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya tinggal menyalinnya ke CD-R dengan tipe PROM

Nah itulah artikel mengenai Kepanjangan dari ROM Adalah Read Only Memory. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”