Ketahui Gelaja Asam Lambung Tinggi dan Cara Menanganinya

Ketahui Gelaja Asam Lambung Tinggi dan Cara Menanganinya

Gejala asam lambung tinggi – Biasanya kalau asam lambung tengah naik atau tinggi kita sering merasakan mual. Hal ini lantaran asam pada lampung naik dan mengalir ke kerongkongan.

Ketahui Gelaja Asam Lambung Tinggi dan Cara Menanganinya
Gejala asam lambung tinggi dan cara menanganinya

Di Indonesia sendiri banyak orang yang memang mengalami masalan dengan asam lambungnya. Jika terjadi sekali dalam seminggu misalnya itu masih bisa dikatakan wajar, namun jika terjadi dua kali dalam seminggu maka sobat patut waspada dikhawatirkan terkena Gerd (Gastroesophageal Reflux Disease).

Proses terjadinya asam lambung yang naik lantaran pada ujung kerongkongan terdapat klep yang bisa menutup dan membuka. Saat makanan masuk kedalam perut melewati krongkongan maka klep tersebut akan menutup, namun jika klep tidak berfungsi dengan baik maka asam lambung tadi akan naik lagi ke kerongkongan melalui saluran yang menghubungkan lambung dan tenggorokan.

Penyebab Klep Tidak Berfungsi dengan Baik

Makanya kita sering merasakan mual, mulut terasa pahit dan merasakan gak enak pada bagian mulut, nafas juga terasa bau. Lantas apa yang menyebabkan klep tersebut tidak berfungsi dengan baik?

Hal yang umum adalah karena terlalu mendapatkan tekanan pada perutnya sehingga mendorong asam lambung naik lagi ke kerongkongan. Penyebab lainnya adalah makanan yang pedas-pedas atau makanan yang memang membuat perut menjadi kurang nyaman atau bisa disebut kebiasaan makan yang buruk.

Penyebab lainnya adalah hernia hiatus dimana pada pagian perut ada tonjolan kedalam diafragma. Lantas apa saja gejala Asam lambung?

Gejala Asam Lambung yang Perlu Diketahui

Secara aumum sih kalau asam lambung naik biasanya kita merasakan pahit pada mulut, merasa tidak nyaman, pernafasan seolah bau, makanya kita kalau sudah gak nyaman pengennya kumur-kumur terus, tapi hal itu tidak membantu menghilangkan rasa pahitnya.

Tapi hal itu saja tidaklah cukup mencirikan kalau asam lambung kamu tengah naik, makanya kita hanya sebatas menduga-duga saja apakah memang asam lambung naik atau tidak.

Namun yang paling umum dirasakan saat asam lambung naik adalah rasa panas pada bagian dada atau disebut juga Heartburn. Biasanya akan terjadi setelah seseorang yang memang memiliki penyakit asam lambung mengkonsumsi makanan.

Dan akan sering dirasakan pada malam hari, jika sudah mencoba meredakannya dengan obat yang ada namun tidak ada perubahan maka sebaiknya segera menuju dokter untuk mendapatkan perawatan.

Berikut ini beberapa gelaja umum asam lambung naik yang bisa kita deteksi sejak dini diantaranya:

  1. Sulit menelan
  2. Merasakan sakit di dada
  3. Pada tenggorokan seperti ada gumpalan
  4. Mual dan muntah, memuntahkan cairan yang kerasa asam
  5. Tenggorokan sakit dan suara menjadi serak, kadang berbicara juga sulit karena sakit.
  6. Batuk yang cukup kronis
  7. Sulit tidur
  8. Jika memiliki asma akan berakibat asmanya memburuk.

Periksakan Kedokter

Penyakit asam lambung tinggi memang cukup banyak obatnya di aoptek, namun jika setelah diobati ternyata lambat sembuhnya sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Karena jika dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Beberapa penyakit yang bisa timbul karena Gerd diantaranya adalah:

  1. Striktur Esofagus

Kondisi ini akan menyebabkan kesulitan menelan makanan karena jalur makanan pada kerongkongan menjadi sempit. Hal ini lantaran bagian bawah kerongkongan mengalami kerusakan akibat asam lambung yang membentuk jaringan parut penyebab kerongkongan menjadi sempit.

  1. Ulkus Esofagus

Kadang kita sulit menelan karena ada rasa sakit pada kerongkongan. Nah ini disebabkan adanya luka pada dinding yang melapisi kerongkongan. Asam lambung yang tinggi membuat dinding ini menjadi luka dan harus segara diobati.

  1. Esofagus Barret

Yang paling berbahaya adalah adanya luka pada bagian bawah jaringan kerongkongan. Jika dibiarkan akan menjadi kanker esofagus, cukup ngeri juga kan.

Nah oleh sebab itu sebaiknya jika sobat mengalami asam lambung atau Gerd yang cukup intens maka akan lebih bijak jika sobat langsung pergi ke dokter dan mengkonsultasikannya.

Jika perlu penanganan lebih lanjut maka dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti endoskopi dengan memasukan kamera kedalam perut melalui kerongkongan, tes pemeriksaan asam lambung (pH) hingga rontgen sistem pencernaan.

Nah itulah sekilas mengenai gejala asam lambung tinggi yang perlu diketahui serta penanganan yang tepat agar penyakit gerd ini tidak menimbulkan komplikasi.

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

"Travel Vlogger yang suka tantangan"