Lengkap! Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang

Cara membuat akun youtube tidaklah sulit dan siapapun saat ini sudah bisa membuat akun youtubenya sendiri, bahkan jika sobat memiliki sebuah smartphone sudah pasti akan terdapat aplikasi youtube didalamnya dan tinggal login saja menggunakan gmail yang dimiliki maka sobat sudah memiliki akun youtube.

Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang
Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang

Namun jika sobat ingin menggeluti dunia peryoutuban dengan menjadi seorang youtuber dengan niat mendapatkan penghasilan maka sobat perlu mendalami teknik-teknik membangun channel youtube itu sendiri. Karena nyatanya tidaklah mudah membangun channel youtube hingga mampu berpenghasilan.

Nah kali ini saya akan share secara lengkap bagaimana cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang. Penasaran? Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Buat akun Google untuk Youtube

Youtube merupakan platform berbagi video yang dimiliki oleh google maka sudah pasti sobat hanya perlu memiliki akun google untuk bisa memulai membangun channel youtubenya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah buatlah email gmail sesuai dengan yang diinginkan, sobat bisa langsung menuju laman ini: https://mail.google.com/. Ikuti panduannya dengan mengisikan data-data seperti nama, alamat, no HP dan email gmail yang sesuai keinginan.

Ikuti saja panduannya sampai selesai dan akun gmail sobat sudah siap digunakan.

Jika masih bingung silahkan sobat lihat di artikel saya sebelumnya mengenai: cara membuat akun gmail.

Cara Membuat Channel Youtube dengan Mudah

Caranya cukup mudah, silahkan sobat akses laman https://youtube.com kemudian SIGN IN jika belum pernah login sebelumnya, Atau sobat bisa mengklik “LOG IN”. Maka selanjutnya login dengan akun Gmail yang tadi dibuatkan.

Kemudian pada pojok kanan atas pada profil Youtube kamu silahkan di klik saja kemudian pilih “SETTINGS”, setelah itu BUAT CHANNEL BARU atau “Create a New Channel”.

Isikan pada kolom “brand Account Name” dengan nama channel yang ingin kamu buat, terserah kamu mau buat channel tentang apa maka sesuaikan saja namanya biar mudah diingat dan menjadi nama branding kamu. Jika sudah, maka Channel kamu sudah berhasil dibuat.

Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan tampilan channel kamu dengan mengklik “CUSTOMIZE CHANNEL”. Kamu bisa mengganti foto profil kemudian mengganti foto cover channel youtube kamu. Kamu juga bisa mengisi deskripsi channel kamu menjelaskan tentang apa dan lain sebagainya.

Jika masih bingung sobat bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang Cara Membuat Channel Youtube di Smartphone dan PC.

Cara Membuat Akun Youtube yang Menghasilkan Uang

Kemudian selanjutnya adalah cara membuat channel youtube yang menghasilkan uang bagaimana? Tentu kamu kamu fokus dan mencurahkan segala isi pikiran kamu untuk perkembangan channel youtube kamu. Ibarat kata jangan setengah-setengah membangun channel youtube kamu jika ingin berpenghasilan.

Meskipun gak sedikit juga orang awalnya iseng membuat channel youtube namun hingga akhirnya channel tersebut mampu menjadi sumber penghasilan dia.

Tentu saja butuh waktu lama agar channel youtube kamu bisa berpenghasilan jika awalnya cuman iseng-iseng saja, bisa jadi bertahun-tahun dan itu sangat menghabiskan banyak waktu percuma.

Lebih baik fokus dan jadikan youtube ini sebagau sumber penghasilan utama kamu agar kamu bisa sepenuh hati membangunnya dan memiliki target semisal dalam enam bulan harus sudah bisa menghasilkan uang.

Jika kamu sudah yakin ingin terjun didunia youtube maka jangan ragu investasikan sedikit uang untuk modal membeli laptop yang mumpuni dan sebuah kamera baik itu mirrorless atau kamera GoPro yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Laptop sebagai alat untuk editing video agar video menjadi lebih menarik sebelum akhirnya di upload. Sementara kamera sudah pasti merupakan alat utama merekam video. Dengan smartphone memang bisa namun dari sisi kualitas video masih belum cukup memuaskan.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan dan Tidak Dilakukan

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam membangun sebuah channel youtube kamu diantaranya adalah:

  1. Membuat Video Menarik

Buatlah video yang menarik yang disesuaikan dengan tema channel youtube kamu. Video menarik dengan informasi lengkap tanpa bertele-tele dan mudah dimengerti pemirsa akan membuat video kamu disukai banyak orang dan mendorong mereka untuk mensubscribe channel kamu.

  1. Fokus Satu Tema

Fokus lah pada satu tema yang sudah dibuat dari awal, biasanya pemula suka goyah dengan tema video, berbulan-bulan membuat video bertemakan motor trabas namun belum banyak penonton dari setiap videonya, karena melihat channel youtube orang lain yang membahas wisata dan ramai penonton akhirnya mulai mencampurkan video-video di channelnya, alhasil masih tetap saja belum ramai penonton, jadi FOKUS pada satu tema.

  1. Buat Judul dan Deskripsi yang Jelas

Saya sering menemukan channel-channel dengan subsriber kecil membuat judul seadanya dan tidak jelas pas dilihat kolom deskripsipun masih saja gak jelas bahkan tidak ada sama sekali, alhasil video akan sulit bersaing di youtube.

Maka sebaiknya mulailah perhatikan cara pembuatan Judul Video, kemudian isi secara lengkap kolom deskripsi, isi juga kategori video dan Tag video. Jika sudah maka tinggal di Upload.

Bagian ini sangatlah penting jika masih asal-asalan dalam pembuatan judul dan deskripsi maka jangan harap video kamu akan mampu bersaing di youtube.

  1. Jangan Gunakan Lagu Copyright

Terkadang sering juga menemukan channel baru dengan subscriber lumayan diatas seribuan dan harusnya sudah bisa dimonetisasi, sayangnya karena banyak video dengan lagu backsound ber copyright akhirnya videonya gak bisa di monetisasi.

Jadi mulau sekarang gunakan lagu-lagu yang bebas hak cipta atau No Copyright.

  1. Gunakan Video Original

Selain lagu backsound yang No Copyright juga gunakan video yang asli bikinan kamu sendiri jangan sampai video-video tersebut adalah milik orang lain maka sudah pasti channel youtube kamu akan sulit diterima monetisasi.

  1. Fokus

Dan terakhir kamu wajib fokus membangun channel youtube kamu dengan rutin mengupload video, jika tidak sanggup sehari satu video maka kamu bisa mencoba seminggu satu atau dua video.

Nah demikian ulasan lengkap mengenai cara membuat channel youtube yang menghasilkan uang, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian.

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

"Travel Vlogger yang suka tantangan"