LENGKAP! Cara Mudah Mencari Expired Domain yang Berkualitas

Diposting pada

Didunia blogging kebutuhan domain expired atau expired domain berkualitas memang cukup penting. Bagi para pemain SEO (search Engine Optimasi) domain expired biasa digunakan untuk membangun blog-blog PBN (Privat Blog Network).

cara mudah mencari expired domain berkualitas
Cara Mudah Mencari Expired Domain

Blog PBN ini nantinya akan digunakan sebagai blog backlink untuk memperkuat backlink blog utama.

Atau bagi para pemain blog AGC domain expired dirasa sangat mampu memepercepat meningkatkan traffik blog. Bahkan baru beberapa hari saja membangun blog AGC dengan menggunakan domain expired berkualitas blog tersebut bisa langsung mendatangkan ribuan traffik.

Cara Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas

Saya pikir sebagai seorang blogger tentu sudah sangat faham mengenai expired domain berkualitas. Jika kita tidak bisa mencarinya sendiri maka ada banyak penyedia jasa yang menjual domain-domain tersebut tentu saja dengan harga yang cukup mahal bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah perdomainnya.

Parameter Expired Domain Berkualitas

Ada beberapa parameter dalam mencari expired domain yang berkualitas meski parameter ini terkadang suka kita kesampingkan. Tapi gak ada salahnya jika kita lebih “aware” lagi untuk memperhatikan parameter-parameter ini agar domain yang kita dapatkan nanntinya berkualitas.

  1. Nama Domain yang Pas

Mencari domain dengan nama domain yang pas yang kita inginkan yang sesuai niche memang cukup sulit apalagi kita tidak menggunakan tools mahal yang bisa serba otomatis.

Sebagai informasi saja domain-domain bekas perusahaan atau instansi biasanya memiliki backlink yang berkualitas dan bersih dari spam. Berbeda dengan domain yang KOD (Keyword on Domain) yang biasa digunakan oleh para pemain SEO biasanya akan lebih riskan.

Tapi bagi saya gak perduli nama domainnya seperti apa asalkan parameter lainnya sudah sesuai maka tak jadi masalah.

  1. Umur Domain Minimal 2 Tahun

Secara umum sih domain yang sudah expired sudah pasti masuk kategori domain yang sudah berumur. Tapi ada yang mengatakan minimal umur domain adalah 2 tahun.

  1. Masih Memiliki Index

Cek juga apakah domain tersebut masih memiliki index digoogle atau tidak. Kita pastikan jika masih ada index meski hanya satu halaman yang diindex setidaknya domain tersebut tidaklah sedang deindex sehingga akan mudah diindex lagi nantinya.

  1. Backlink yang Bersih

Gak perlu mencari domain dengan backlink dari situs-situs besar meskipun backlink dari situs-situs biasa asalkan bersih dari blog-blog “p0rnography”, judi, spam dan lain sebagainya maka sudah cukup. Bersih dari backlink spam maka sudah layak untuk di register lagi.

  1. DA/PA atau TF/CF

Parameter lainnya adalah cek DA atau PA atau CF TF dan CF skornya besar atau kecil juga adakah autority score pada blognya atau tidak. Jika dirasa sudah baik maka bisa diputuskan untuk segera diregister. Alat untuk mengecek parameter ini bisa memanfaatkan semrush, ahref atau MOZ.

Cara Mudah Mencari Expired Domain

Cara mencari expired domain berkualitas bisa menggunakan situs-situs gratis, berikut langkah-langkahnya:

  1. Expireddomains.net

Silahkan buat akun terlebih dahulu di situs expireddomains.net kemudian akan terdapat beberapa pilihan seperti mencari deleted domains, deleted .com, .net, org dan lain sebagainya.

cara mudah mencari expired domain dengan expireddomains.net
Langkah mencari expired domain

Selanjutnya klik pada “Show Filter” kemudian ceklis pada bagian “Only with Alexa Rank” dan “only available Domains”.

hasil pencarian expired domain
Pilih Only with Alexa dan opsi Available
cara terlengkap mencari expired domain
Hasil pencarian expired domain

Maka hasilnya akan muncul ratusan hingga ribuan domain expired yang bisa kita register. Namun terlebih dahulu kita harus mengecek satu persatu domain tersebut baik dari sisi index, backlink maupun parameter lainnya. Caranya bisa memanfaatkan semrush.

  1. Cek Domain dengan Semrush

Silahkan membuat akun di semrush dan kita harus memanfaatkan betul akun gratis ini karena hanya bisa melakukan analisan secara terbatas.

Mengecek expired domain dengan semrush
Mengecek Expired domain dengan Semrush

Pilih “Bulk Analysis” kemudian masukan 10 domain untuk kita analisis. Jika semrush kamu versi berbayar maka bisa memasukan hingga 200 nama domain.

hasil pengecekan expired domain pada semrush
Hasil pengecekan expired domain pada semrush

Kemudian klik “Compare” maka akan muncul hasil analisis dari semua domain yang kita masukan seperti authority score, Backlink dan lain sebagainya.

Cek backlink expired domain dengan semrush
Cek Backlink Expired Domain pada Semrush

Sobat juga bisa melakukan analisis satu persatu dari domain-domain tersebut dengan memasukannya ke menu “backlink Analytics” maka akan terlihat datanya secara lebih lengkap.

cek spesifikasi expired domain dengan semrush
Spesifikasi Backlink

Perhatikan pada “backlink” dan “anchors” apakah domain tersebut bebas dari backlink spam atau backlink dari situs-situs yang buruh juga pada anchor text nya apakah juga menunjukan kata-kata yang buruk atau bersih.

Selain itu bisa melakukan pengecekan secara manual di Archive.org dan membuka blog tersebut pada masa masih onlone apakah membahas tentang apa. Jika semuanya sudah sesuai maka tinggal di register saja.

Temen-temen bisa register domain di Idwebhost dan juga bisa membeli hosting di Hawkhost.

Nah itulah cara mudah mencari expired domain berkualitas dengan cara ini sobat bisa mendapatkan domain dengan spesifikasi yang diinginkan, semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”