Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan – Kepopuleran Habbatussauda memang tak perlu diragukan lagi sejak dulu hingga sekarang. Habbatussauda atau Jintan Hitam ini banyak dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai penyakit juga untuk suplemen kesehatan termasuk mengatasi masalah kesuburan.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Mengobati Berbagai Penyakit
Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan dan Pengobatan

Habbatussauda sendiri memiliki bentuk seperti biji hitam dan sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan untuk pengobatan dan kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya ramuan yang berasal dari Habbatussauda di makan Raja Mesir bernama Tutankhamun.

Bahkan kabarnya Nabi Muhammad Sollollohualaihi wasallam juga pernah menyarankan agar memanfaatkan habbatussauda untuk mengobati berbagai penyakit. Mak atak heran saat inipun banyak produk obat-obatan herbal yang diklaim menggunakan bahan dasar habbatussauda.

Dari sisi klinis Habbatussauda mengandung senyawa thymoquinone yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Selain itu terdapat kandungan vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium dan masih banyak lagi zat kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat habbatussauda untuk kesehatan apalagi saat berpuasa di bulan ramadan 2021 ini sehingga kita membutuhkan suplemen kesehatan alami yang baik.

  1. Membantu Pencernaan

Jika sakit perut kemungkinan besar sistem pencernaan kamu dalam masalah. Habbatussauda bisa menjadi pilihan utama untuk mengatasi masalah pencernaan karena mengandung ekstrak minyak astiri. Gunakan Habbatussauda untuk mengobati sakit perut dengan mengatasi kembung dan gas.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Terkadang bulan puasa ini kita tidak terkontrol soal makanan, pas buka puasa makanan apapun dimasukan kedalam perut dengan berlebihan kemudian malamnya bergadang sehingga berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi.

Padahal sebaiknya selama bulan puasa kita bisa lebih mengontrol pola hidup, makan secukupnya, perbanyak ibadah dan istirahat agar kamu semakin sehat.

Namun jika tekanan darah kamu sudah terlajur naik maka solusinya bisa mengkonsumsi habbatussauda secara rutin dan terarur karena menurut penelitian Habbatussauda sangat baik untuk mengontrol tekanan darah kamu.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pada jurnal Pharmacological Research 2016 pernah memuat hasil analisa dari 17 studi yang menyebutkan Habbatussauda bermanfaat untuk menutunkan kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan produksi kolesterol baik.

  1. Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebenarnya pada saat berpuasa maka kadar gula darah kamu terkontrol dengan baik, namun pada saat berbuka puasa dengan mengonsumsi apapun tanpa terkontrol maka berpotensi meningkatkan gula darah yang bisa berakibat ke penyakit berbahaya yakni diabetes.

Oleh sebab itu sebaiknya konsumsi Habbatussauda secara rutin agar gula darah kamu bisa terkontrol dengan baik. Jangan ragu mengkonsumsi Habbatussauda karena sudah banyak hasil penelitiannya termasuk pada jurnal Complementary Therapies in Medicine 2017 yang menyebutkan manfaat Habbatussauda untuk mengontrol gula darah.

  1. Mampu Menurunkan Risiko Obesitas

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2015 menyebutkan pengkonsumsi Habbatussauda mengalai penurunan lingkar pinggang dan berat badan serta kadar trigliserida.

Jika kamu memiliki program menurunkan berat badan maka sangat cocok di bulan puasa ramadan 2021 ini, lakukan diet rendah kalori dan karbohidrat kemudian dibarengi dengan mengkonsumsi habbatussauda.

  1. Habbatussauda Bersifat Anti Kanker

Hasil penelitian yang dimuat dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines 2011 menyebutkan kandungan pada Habbatussauda memiliki sifat anti kanker yang efektif untuk kanker pankreas, paru-paru, serviks, prostat, kulit, dan usus.

Namun sifat anti kanker ini masih perlu penelitian lebih dalam lagi mengingat penelitian baru dilakukan terhadap tikus di laboratorium.

  1. Meredakan Reumatik

Laporan studi dipublikasi di Avicenna Journal of Phytomedicine 2016 menyatakan komponen pada Habbatussauda mampu meredakan reumatik karena kemampuannya melawan peradangan.

Penelitian terhadap 42 orang yang mengkonsumsi 1000 miligram Habbatussauda selama 8 minggu bisa meredakan reumatik.

  1. Membantu Meredakan Asma

Manfaat Habbatussauda selanjutnya adalah mampu meredakan asma dengan penelitian yang dimuat pada jurnal Phytotherapy Research di tahun 2017 sehingga penderita asma tidak mudah kambuh.

  1. Mampu Meredakan Alergi

Studi yang dimuat dalam American Journal of Otolaryngology di tahun 2011 menyatakan Habbatussauda mampu meredakan gejala alergi seperti bat, hidung gatal, bersin-bersin, dan meler.

  1. Habbatussauda Bagus untuk Kesehatan Jantung

Seperti pada manfaat lainnya yakni kemampuannya menurunkan kadar kolesterol jahat maka secara langsung Habbatussauda juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya menurunkan kadar darah trigliserida serta meningkatkan kolesterol yang baik di dalam tubuh.

Serta masih banyak lagi manfaat lainnya dari Habbatussauda seperti melawan infeksi, mencegah tukak lambung atau terjadinya luka pada lambung akibat terkikis oleh asam lambung, mampu mencegah jerawat, melawan bakteri, kesehatan otak dan lain sebagainya.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”