Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Makanan buka puasa untuk diet – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa Ramadan 2021 yang tentu saja kita sebagai umat muslim sangat menantikannya dengan sepenuh hati.

Menu Makanan Buka Puasa Untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Menu makanan buka puasa untuk Diet

Di bulan ini kita seperti biasa akan berpuasa selama sebulan penuh dari mulai imsyak sekitar sepuluh menit sebelum subuh hingga magrib tiba.

Kita juga akan berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan cara beribadah dan berbuat baik antar sesama, apalagi di bulan Ramadan ini pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah Subhanahuwata’ala.

Disisi lain puasa Ramadan selama sebulan penuh juga sebenarnya memberikan manfaat yang luar biasa besarnya untuk kesehatan. Jika dibulan biasanya kita makan semaunya dan sepuasnya sehingga lambung hampir dipastikan selama 24 jam bekerja terus menerus.

Maka di bulan puasa ini lambung memiliki waktu yang cukup untuk di istirahatkan. Selain itu makanan yang kita konsumsi juga lebih terkontrol.

Namun sayangnya sebagian dari kita justru memanfaatkan waktu berbuka piasa dengan memasukan makanan apapun kedalam perut sampai melebihi rasa kenyang. Alih-alih memberikan manfaat kesehatan malah bisa berakibat kurang baik untuk tubuh.

Maka di bulan puasa ini kita sekaligus belajar menahan hawa nafsu termasuk menahan haus dan lapar dan tidak berlebih-lebihan saat berbuka puasa.

Menu Makanan Buka Puasa untuk Diet

Jika sobat termasuk orang yang memiliki berat badan berlebih maka momen bulan puasa Ramadan ini menjadi waktu yang sangat baik untuk mencoba menurunkan berat badan dengan cara diet yang sehat.

Sebenarnya berpuasa adalah hal yang baik dimana kita tidak makan makanan yang menggemukan, maka ketika waktu berbuka piasa tiba maka kita makan secukupnya saja, berhenti sebelum kenyang dan jangan berlebihan. Maka dalam sebulan sudah dipastikan berat badan kamu akan turun. Tentu saja harus diimbangi juga dengan berolah raga.

Nah berikut ini menu makanan berbuka piasa untuk diet

  1. Kentang Rebus, Telur Utuh dan Salmon Tuna

Baik kentang rebus, telur rebus atau ikan salmon dan tuna adalam makanan-makanan yang dianjurkan jika kamu tengah melaksanakan program diet.

Mungkin kamu kurang nyaman jika makan kentang rebus saja pada saat berbuka puasa maka kamu bisa mencobanya dengan campuran telur rebus utuh dan ikan salmon atau tuna yang dimasak sesuai selera.

Meski terlihat simpel dan sederhana namun dengan pengolahan yang pas maka rasanya pasti akan sangat enak, apalagi saat berbuka puasa dimana perut kamu tengah lapar.

Namun tetap kamu tidak boleh makan secara berlebihan melainkan secukupnya saja asal perut terasa cukup kenyang maka berhentilah agar kamu menjadi lebih segar dan bertenaga saat solat tarawih tidak ngantuk karena kekenyangan.

  1. Sup dan Sayuran Hijau

Kamu bisa mencoba membuat sup jagung, sup kentang, sup tomat, sup ayam atau sup lainnya yang kamu suka. Sup sendiri adalah makanan yang mengandung banyak air sehingga memiliki kepadatan energi yang rendah dan biasanya akan lebih cepat kenyang. Makanan ini juga rendah kalori selama tidak terlalu banyaj menambah lemak kedalam supnya.

Makanan yang rendah kalori dan karbo hidrat adalah makanan yang cocok untuk diet menurunkan berat badan. Nah menu makanan buka puasa selanjutnya kamu bisa mencoba mengkonsumi sayuran hijau seperti kangsung, bayam atau sawi saja.

Sayuran hijau juga kaya akan gizi mengandung banyak vitamin dan mineral Jadi silahkan bisa membuat sayuran yang enak untuk menu buka puasa yang cocok untuk diet kamu.

  1. Buka Puasa dengan Alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lainnya yang kaya akan karbohidrat tetapi Alpukat justru berbeda, Buah yang nikmat ini mengandung lemat sehat, kaya akan asam oleat tak jenuh tinggal yang terdapat juga pada minyak zaitun.

Kandungan air dan seratnya yang cukup banyak sangat baik untuk pencernaan, Maka cocok sekali menu buka puasa untuk diet kali ini yakni membuat salad yang ada alpukatnya.

  1. Dada Ayam atau Daging Sapi Panggang yang Nikmat

Program diet untuk menurunkan berat badan bukan berarti tidak boleh memakan daging-dagingan. Kamu bisa mencoba dada ayam panggang yang dikasih bumbu sederhana seperti garam dan lada.

Selain dada ayam juga bisa mencoba daging sapi panggang dengan bumbu sederhana. Pokoknya jangan memasaknya dengan minyak karena akan sedikit banyak berpengaruh pada proses diet kamu. Makanlah secukupnya jangan sampai berlebih lebihan.

  1. Nasi Merah

Jika kamu tetap ingin mengkonsumsi nasi maka disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah yang rendah karbohidrat. Kamu bisa menambahkan sayuran atau telur rebus agar rasanya tetap nikmat.

Hal-hal yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet Puasa Ramadan

Saat berbuka puasa biasanya akan ada banyak makanan yang manis-manis seperti kolak atau sirup. Makanan tersebut bisa menjadi tidak baik dikonsumsi karena mengandung banyak gula. Maka sebaiknya hindari makanan dan minuman yang manis-manis.

Selain makanan yang manis-manis sebaiknya hindari juga mengkonsumsi aneka gorengan.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Diet Puasa Ramadan

Hal yang harus dilakukan adalah meski tengah berpuasa bukan berarti kamu harus malas-malasan melainkan kamu juga harus rutin berolah raga. Lakukan olahraga rutin setiap harinya minimal 30 menit.

Kemudian istirahatlah yang cukup jangan bergadang sekiranya tidak ada kegiatan yang bermanfaat, kecuali kamu sibuk setiap malam beribadah maka tinggal diatus waktu untuk istirahatnya.

Perbanyak Minum air putih pada saat buka puasa dan sahur akan membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubu kamu sehingga tidak mudah lelah dan lemas.

Nah itulah beberapa menu buka puasa untuk diet yang cocok turunkan berat badan. Lakukan hal ini maka selama sebulan penuh berat badan kamu akan turun.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”