Peluang Bisnis di Kampung Jadi Videografer Pernikahan

Banyak orang yang mencari informasi mengenai peluang usaha yang bisa dikerjakan dengan lebih santai. Di blog ini sudah cukup banyak bahasan mengenai beberapa peluang usaha yang cukup menjanjikan mulai dari peluang usaha tanpa modal hingga usaha yang membutuhkan modal.

peluang usaha dikampung videografer pernikahan

Sobat bisa membacanya di artikel-artikel sebelumnya dibawah ini dengan cara mengklik linknya diantaranya:
6 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan
10 Peluang Usaha Makanan Rumahan Sistem Delivery yang Menjanjikan
Bisnis Shutterstock, Tempat Freelance Online Meraup Dollar

Nah kali ini saya mau berbagi peluang usaha dikampung yang cukup menjanjikan untuk digeluti mengingat persaingannya juga tidak terlalu ketat. Meski begitu peluang bisnis dikampung ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun jika sobat memiliki cukup uang dan bingung mau digimanain uangnya, mungkin bisa memilih peluang usaha ini.

Menjadi Videografer dan Photografer

Jangan salah meski diperkampungan kebutuhan akan videografer dan photografer juga cukup lumayan. Jika sobat memiliki hobby dunia photography maka bisa memanfaatkan hobby tersebut untuk meraup penghasilan.

Banyak acara-acara di perkampungan yang membutuhkan jasa videografer maupun photografer seperti acara pernikahan yang memang saat ini sudah umum diabadikan dalam sebuah video dan foto.

Jika dahulu kala mengabadikan momen-momen penting ini hanya sekedar foto namun belakangan mulai marak menggunakan jasa videography. Sayangnya untuk diperkampungan tidak cukup banyak yang memiliki kemampuan videography yang mumpuni yang mampu menawarkan kualitas video menarik layaknya sebuah film atau cinematic.

Nah sobat bisa mulai mempelajari bagaimana cara membuat video-video pernikahan yang lebih cinematic sehingga lebih menarik dan menjual ke klien. Selain video tentu saja photography juga masih sangat diminati. Hanya saja sobat harus mampu memberikan hasil foto yang jauh lebih menarik dan berkesan.

Jangan hanya foto dengan pose orang-orang berjajar rapi saja melainkan foto-foto yang terlihat lebih natural atau alami namun berkualitas.

Selain acara pernikahan tentu ada banyak acara yang bisa sobat tawarkan ke klien semisal dokumentasi acara di instansi pemerintahan atau instansi pendidikan. Sekolah-sekolah bisa menjadi target pasar empuk seperti membuat buku tahunan sekolah dan acara lainnya.

Tips Sebelum Memulai Bisnis Videography dan Photography di Kampung

Kita asumsikan sobat adalah pemula di bisnis ini, yup kalau yang sudah profesional tentu gak akan menuju blog ini untuk mencari informasi bukan? Hehe.

Sebagai pemula ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan agar sobat lebih mantap menggarap peluang bisnis di kampung ini.

1. Sering Lihat Video Referensi

Hal yang pelu sobat lakukan sebagai pemula adalah sering-seringlah melihat referensi video-video orang lain semisal video prewedding atau video wedding. Di Youtibe ada banyak video-video contoh “prewed” ataupun video pernikahan.

Silahkan sobat perhatikan satu-satu video yang ditayangkan sebagai bahan pembelajaran. Lihat bagaimana mereka membuat video terlihat lebih sempurna mulai dari pengambilan sudut pandang kamera, pergerakan kamera, tempat pengambilan gambar, pose model serta editingnya.

Nah untuk editing bagi sobat pemula yang masih bingung dan merasa tidak memiliki kemampuan khusus dibidang editing, saya pernah membahas mengenai software editing terbaik untuk pemula yang sangat mudah dioperasikan, sobat bisa baca di artikel sebelumnya tentang Software Edit Video Terbaik Mudah Digunakan untuk Youtuber Pemula. Dijamin sobat akan langsung ahli dalam bidang editing video.

2. Menguasai Peralatan

Kuasai peralatan yang digunakan seperti kamera yang sobat miliki. Tentu saja dalam sebuah kamera seperti DSLR atau Mirrorless ada banyak settingan atau pengaturan yang harus dimengerti agar kualitas video semakin baik.

Selain kamera sobat juga perlu menguasai peralatan lainnya semisal sobat memiliki stabilizer atau Gimbal. Stabilizer atau gimbal ini berfungsi untuk lebih menstabilkan gerak kamera dengan berbagai fitur agar proses pengambilan gambar lebih halus dan cinematic.

Nah setelah menguasai peralatan yang akan digunakan, sobat juga harus menguasai bagaimana cara mengoperasikannya. Bagaimana cara mengambil gambar dengan model bergerak atau diam, bagaimana cara mengambil gambar dengan efek-efek gerak yang lebih cinematic dan lain sebagainya.

3. Perbanyak Porpolio

Hal yang paling penting yang harus kamu lakukan adalah perbanyak porpolio atau contoh hasil kerja kamu. Hal itu akan semakin memberikan kepercayaan kepada calon klien sobat untuk menggunakan jasa videographynya.

Jika kebetulan sobat masih belum mendapatkan jobs sekaligus porpolio hasil kerja, maka sebaiknya sobat membuat video apa saja yang menarik dan dijadikan sebagai porpolio hasil karya terbaiknya. Upload video-video sobat di Instagram atau Facebook pribadi atau bisnis.

4. Jangan Pasang Tarif Tinggi

Sebagai pemula janganlah sobat memasang tarif tinggi, hal pertama yang harus dilakukan adalah branding diri terlebih dahulu agar orang mengenal sobat sebagai seorang videografer mumpuni dikampung.

Jika orang lain sanggup membayar dengan harga yang kecil maka jangan sungkan untuk mengambil pekerjaan tersebut. Buatlah video hasil karya kamu semaksimal mungkin meski dihargai kecil ibarat video dihargai Rp.500 rb namun sobat mengerjakannya seolah-olah video seharga puluhan juta.

Jika sudah mulai dikenal dan ada nama, maka sobat bisa memasang tarif untuk setiap pekerjaan.

Jangan salah meski bisnis ini bermula dikampung maka dari mulut kemulut akan mulai dikenal luas dan sobat bisa menggarap berbagai jobs dari kampung sebelah atau bahkan keluar kota sekaligus. Apalagi jaman sekarang media promosi cukup mudah dengan adanya sosial media.

5. Buatlah Tim

Sebenarnya jobs ini masih bisa dihandel sendirian namun akan cukup repot lantaran pengambilan gambar juga membutuhkan beberapa sudut pandang. Oleh sebab itu ada baiknya jika sobat membuat sebuah tim yang memiliki peralatan yang sama.

Jadi akan ada banyak footage atau cuplikan video yang dihasilkan sebagai bahan mentah untuk editing sehingga adegan-adegan video akan semakin kaya. Minimal sobat memiliki satu orang partner lagi atau bisa 3 sampai 4 orang dalam satu tim.

6. Bangun Relasi dengan EO

Agar sobat cepat mendapatkan jobs sebaiknya bangun relasi kerjasama dengan EO pernikahan seperti penyedia panggung dan dekorasi. Bangun kerjasama agar bagian videographer bisa diserahkan ke sobat.

Modal yang Diperlukan

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis videography ini? Tentu saja modal yang diperlukan tidaklah sedikit melainkan cukup mahal mengingat peralatan yang dibutuhkan juga bukan peralatan sederhana.

Minimal sobat harus memiliki sebuah kamera baik Mirrorless ataupun DSLR. Ambil harga paling rendah semisal satu kamera dibandrol Rp.6 jutaan. Kemudian sobat masih membutuhkan stabilizer atau gimbal semisal mengambil yang harga Rp.5 jutaan.

Setelah itu sobat masih memerlukan sebuah komputer atau laptop untuk melakukan proses editing video hasil kerjaan sobat. Sebuah laptop dengan spek standar sekitar Rp.5 jutaan.

Jadi total modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini sekitar Rp. 16 jutaan.

Nah itulah sepintas mengenai peluang bisnis dikampung dengan membuka jasa videographer atau photographer. Peluang ini masih cukup menjanjikan mengigat tidak banyak saingannya, so apakah sobat mau mengambilnya?

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *