Pengen Cepat Punya Rumah Tapi Budget Minim, Lakukan Ini Pasti Terwujud!

Diposting pada

Memiliki rumah sendiri memang menjadi impian banyak orang terutama bagi mereka yang baru saja menikah dan terpaksa masih harus tinggal bersama orang tua. Saya sendiri adalah keluarga baru dengan satu anak yang masih kecil tapi masih harus tinggal bersama orang tua.

Membangun rumah idaman dengan budget minim
membangun rumah idaman dengan budget minim

Tentu saja kami memiliki impian untuk segera membangun rumah sekalipun minimalis setidaknya bisa ditempati dengan layak oleh kami sekeluarga. Nah artikel ini merupakan tips dari beberapa kawan yang menyarankan agar saya harus mulai menyusun program membangun rumah sendiri.

Mungkin bisa memberikan motivasi untuk saya dan teman-teman sekalian yang saat ini juga tengah berusaha mewujudkan sebuah rumah impian. Beberapa hal yang perlu dilakukan agar kita bisa segera membangun rumah impian diantaranya.

  1. Tekad yang Kuat

Memiliki tekad yang kuat secara langsung akan membantu mempercepat mewujudkan impian kita untuk segera membangun rumah impian. Dengan tekad ini kita akan lebih bisa mengatur pengeluaran uang sehari-hari dan mulai menyisihkan uang untuk kebutuhan membangun rumah.

  1. Menghitung Pengeluaran dan Menabung

Hitunglah pengeluaran uang anda setiap harinya dan kalkulasikan untuk setiap bulan. Maka temen-temen akan menemukan angka minimal uang yang harus dikeluarkan setiap bulan. Dengan tekad yang kuat untuk membangun rumah maka kita akan bisa menyisihkan uang sisa untuk ditabung.

Jangan pikirkan berapa lama harus menabung uang dengan uang sisa tadi sehingga kita bisa mengangun rumah tetapi sebaiknya menabunglah secara rutin. Dalam perjalannya bisa saja kita mendapat rejeki besar sehingga bisa masuk kedalam tabungan.

Target membangun rumah dalam dua tahun kedepan bisa saja menjadi lebih cepat bukan.

  1. Mulailah Hemat

Terkadang gaji kita sebenarnya sudah cukup besar namun sayangnya kita sering kali tidak sadar uang yang besar tersebut selalu habis setiap bulannya. Sudah pasti kita kurang begitu baik dalam mengatur keuangan.

Sebaiknya mulailah hemat dan tidak berlebihan. Hemat bukan berarti pelit dan mengesampingkan kebutuhan melainkan janganlah membeli sesuatu yang memang tidak terlalu kita perlukan.

Semisal perut kita sebenarnya sudah cukup kenyang namun kita tergoda untuk membeli jajan. Uang jajan inilah yang lebih besar dalam “menyedot” keuangan kita sehari-hari.

  1. Mencicil Bahan Bangunan

Saat ini banyak toko bangunan yang bisa menerima cicilan untuk bahan bangunan. Semisal kita memiliki uang sekian juta kemudian kita investasikan ke bahan bangunan di toko bangunan.

Bahan bangunan tersebut kita titip simpan saja sampai akhirnya terkumpul dan siap digunakan. Namun hal ini sebenarnya cukup rentan jika kita tidak tahu persis kondisi toko bangunan tersebut.

Jika suatu saat toko bangunan tersebut bangkrut tentu akan berdampak pada barang kita yang dititipkan tadi.

  1. Membangun Rumah secara Bertahap

Jika uang yang terkumpul sudah cukup untuk membangun rumah sekalipun tidak utuh namun setidaknya bisa ditempati dan layak maka sebaiknya bangun saja. Setelah jadi langsung kita tempati.

Tapi kita harus memperhatikan desain utuh dari bangunan kita sehingga ketika kita memiliki uang lagi maka akan mulai dibangun lagi sesuai dengan desain yang sudah ada.

  1. Ketahui Budget Membangun Rumah Minimalis

Saat ini untuk membangun rumah minimalis yang cantik dengan dua atau tiga kamar tidur setidaknya membutuhkan uang sekitar Rp.150 juta sampai Rp.250 jutaan diluar tanah.

Maka mulailah kita menguatkan tekad dan niat untuk bisa mengumpulkan uang dengan jumlah tersebut. Mulai hidup hemat dan rajin menabung juga bisa mencari sumber penghasilan lainnya.

  1. terus Berdoa

Bagaimanapun manusia hanya bisa berusaha dan tetap Allah Subhanahuwataala lah yang mengabulkannya. Berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan kelancaran rejeki dan segera bisa mewujudkan membangun rumah impian.

Semoga saya dan teman-teman sekalian bisa dimudahkan untuk segera membangun rumah idaman. Aammiiinn.. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk diri kita.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”