Pengertian Endemik Adalah

Pengertian Endemik adalah

Pengertian Endemik Adalah – Kata Endemik saat ini cukup populer dikalangan masyarakat dunia termasuk di Indonesia. Hal ini setelah WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia mengingatkan tentang pandemi Covid-19 kemungkinan besar akan menjadi Endemik.

Pengertian Endemik adalah
Pengertian Endemik adalah

Banyak yang mencari pengertian Endemik itu seperti apa karena banyak dari kita masih cukup awam dengan hal ini. Namun yang jelas menurut WHO kita harus mulai terbiasa dan hidup berdampingan dengan Covid-19.

Pengertian Endemik Adalah

Pengertian Endemik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berkenaan dengan suatu penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu, sementara menurut Very Well Health, Endemik adalah penyakit yang selalu ada dalam wilayah atau populasi tertentu.

Hmm, berarti kalau selalu ada ya akan ada terus menerus dan tidak akan hilang. Makanya WHO menyarankan kita intuk terbiasa hidup berdampingan dengan Covid-19 ya.

Sebagai contoh Endemik untuk penyakit malaria yang berada di wilayah Afrika dan beberapa wilayah di Amerika Selatan. Penyakit Malaria tersebut memang kasusnya selalu ada di wilayah tersebut. Bahkan menurut CDC memperkirakan setidaknya ada sekitar setengah populasi dunia hidup diwilayah endemik malaria.

Sementara Endemik dan Epidemi ada perbedaan dimana Epidemi mengaku pada berjangkitnya suatu penyakit yang menyebar melalui satu atau lebih populasi. Dan Endemik merupakan penyakit yang selalu muncul dalam satu populasi atau wilayah dan bertahan diwilayah tersebut.

Campak Contoh Penyakit Endemik

Dikutip dari laman Prevention.com, “Dulu penyakit ini endemik dan ditularkan ke populasi secara teratur,” kata Dr. Schaffner.

Pertama kali muncul Campak disebut sebagai sebuah wabah karena penyebarannya yang cukup masif, namun saat ini campak sudah tidak lagi menular secara masif karena penggunaan vaksin yang efektif.

Selain campak, penyakit HIV juga digolongkan kedalam penyakin Endemik karena terdapat dibeberapa wilayah.

Nah itulah pengertian Endemik yang bisa kita pahami. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”