Pengertian Kerja sama: Cara, Bentuk, Manfaat dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kerja sama – Sebagai manusia tentunya kita tidak bisa hidup sendiri dan pastinya kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dengan kata lain kita sebagai manusia adalah mahluk sosial yang harus selalu bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya.

Kita tidak mungkin bisa mengerjakan semua hal sendirian dan memerlukan bantuan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, makanya kita mengenal istilah kerja sama, sebuah kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama agar pekerjaan tersebut lebih mudah dikerjakan dan cepat terselesaikan.

Terkadang dalam menjalani kehidupan tidak melulu berjalan lancar, kita kerap mengalami kesulitan-kesulitan hidup baik di rumah, di sekolah, di kantor tempat kita bekerja dan dimanapun sehingga kita perlu bantuan dari orang lain.

Oleh sebab itu kita kerap meminta bantuan dari orang lain dan jika mereka mau membantu berarti ada kerja sama diantara kita. Begitupun mereka suatu saat pasti akan mengalami hal serupa sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita haruslah saling bantu membantu.

Membahas lebih jauh mengenai kerja sama maka pada artikel kali ini kita akan ulas pengertian kerja sama, bentuk, manfaat hingga contohnya, berikut ini ulasan lebih jelasnya.

pengertian kerja sama

Pengertian Kerja sama Adalah

Setelah mengetahui uraian diatas maka kita bisa menyimpulkan sendiri mengenai pengertian kerja sama. Kerja sama adalah sebuah usaha yang dilakukan secara bersama-sama baik antar perorangan ataupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama sendiri tidak bisa terjadi begitu saja melainkan ada kesamaan pandangan dan tujuan mengenai tujuan bersama sehingga kerja sama bisa terwujud.

Kegiatan kerja sama ini umum terjadi di sebuah lembaga-lembaga atau perusahaan bisnis dimana karyawan atau anggotanya terbentuk dalam sebuah tim bersama. Tim ini akan bekerja sama untuk mweujudkan keberhasilan dan mencapai tujuan bersama.

Bukan hanya itu, kerja sama juga mampu memberikan energi tambahan bagi tim sehingga saling termotivasi untuk bekerja lebih baik agar tujuan bisa segera tercapai.

Tentu saja, kerja sama akan berjalan dengan baik manakala antar anggota mampu berkomunikasi dengan baik serta memiliki tanggung jawab bersama, Maka sudah pasti tujuan pun akan lebih cepat tercapai.

Cara Membina Sebuah Kerja sama

Jika kamu memiliki tim maka perlu kerja sama yang baik antar anggota. Kerja sama ini bisa berjalan dengan baik manakala kita mampu membina dan mengarahkannya. Nah berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kerja sama tim kamu lebih lancar.

1. Menentukan Tujuan

Sudah pasti tujuan yang jelas yang merupakan tujuan bersama maka sebuah kerja sama akan terwujud dengan baik dan sesuai harapan. Tentukan tujuan yang jelas dan cari partner yang mau dan memiliki tujuan bersama.

2. Kenali Diri

Mungkin kamu masuk dalam sebuah tim yang menuntut kinerja yang baik, maka agar aktivitas kerja sama kamu dalam tim berjalan lebih lancar, maka kamu perlu menggali akan potensi yang ada pada diri kamu, semua hal termasuk yang disukai dan yang tidak kamu sukai, gali juga mengenai latar belakang kamu sehingga apakah cocok dengan tim ini atau tidak.

3. Membuat Kesan yang Positif

Jika kamu tergabung dalam sebuah tim maka kamu wajib memberikan kesan positif dalam tim, bukan hanya kamu saja melainkan semua anggota juga wajib memberikan kesan positif setiap saat. Hal ini bisa memberikan energi bagus untuk kerja sama tim.

4. Menghargai Rekan Tim

Terkadang kurang dewasanya kita dalam menyikapi perbedaan pendapat maka akan membuat komunitas kita menjadi kurang kondusif. Oleh sebab itu mulai dari diri kita sendiri untuk menghargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja tim.

5. Selalu Antusias

Menunjukkan rasa antusiasme yang tinggi dalam sebuah tim akan memberikan kesan positif bagi tim juga akan memberikan semangat dan motivasi bagi tim.

6. Menawarkan Bantuan

Jika kamu masuk dalam tim itu artinya pekerjaanmu dan pekerjaan mereka adalah pekerjaan bersama. Maka jika kamu masih sanggup jangan sungkan menawarkan bantuan kepada rekan kamu. Hal itu menjadikan aktivitas kerja sama tim kamu semakin positif.

7. Fokus dengan Kualitas

Membangun kerja sama boleh-boleh saja sebanyak mungkin yang bisa kamu berikan, namun ingat banyak kerja sama yang tidak berjalan semestinya dan kerap kali bubar lantaran tidak ada kualitas di dalamnya, terutama kualutas dalam bekerja.

Bentuk Kerja Sama

Meskipun pengertian kerja sama itu simpel yakni sebuah usaha yang dilakukan secara bersama baik antar individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama, namun nyatanya kerja sama juga memiliki beberapa model, diantaranya adalah:

1. Bergaining

Bentuk kerja sama bergaining adalah berupa perjanjian pertukaran baik barang maupun jasa antar individu atau kelompok sehingga memberikan keuntungan yang adil untuk kedua belah pihak. Atau dalam artian lebih luasnya lagi bergaining adalah nilai tawar.

2. Kooptasi

Kooptasi biasanya kita jumpai dalam kegiatan politik dimana bentuk kerja sama ini dengan menerima unsur-unsur baru dalam kepemimpinan untuk kegiatan politik atau organisasi dengan tujuan untuk meredakan atau menghindari kekacauan dalam organisasi tersebut.

3. Koalisi

Kerja sama dalam bentuk koalisi juga sudah umum dijumpai dalam kegiatan perpolitikan dimana model kerja sama ini adalah menggabungkan dua kelompok atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Misalkan partai A dan partai B bergabung dalam mendukung salah satu calon pemimpin.

4. Join Venture

kerja sama Join venture biasa kita kenal dalam dunia internet marketing dimana kerja sama ini terjadi antara dua orang atau perusahaan atau kelompok untuk menjalankan sebuah bisnis atau proyek.

5. Kerja Sama atas Dasar Kerukunan

Kerja sama juga tidak melulu untuk mendapat keuntungan melainkan ada juga bentuk kerja sama demi kepentingan bersama tanpa mengharap imbalan apapun. Sebagai contoh kerja sama dalam hal gotong royong membangun fasilitas umum, membersihkan lingkungan dan lain sebagainya.

Manfaat Kerja sama

Tentu saja bekerja sendiri akan lebih sulit dibanding bekerja bersama atau kerja sama, maka ada beberapa manfaat dari kegiatan kerja sama ini, berikut diantaranya:

  1. Mempererat Persaudaraan

Manusia sebagai mahluk sosial sudah pasti harus bersosialisasi antar manusianya. Dengan adanya kerja sama maka setidaknya kita akan lebih intens bersosial dengan anggota tim, lebih sering membantu satu sama lain agar tujuan menjadi cepat tercapai, hal inilah yang akan mempererat persaudaraan diantara anggota tim.

  1. Menumbuhkan Persatuan

Dalam sebuah kelompok atau tim kerja sama adalah satu kesatuan, saling membantu satu sama lain untuk menyelesaikan pekerjaan dan mencapai tujuan bersama, maka hal ini akan menumbuhkan semangat persatuan didalam tim atau kelompok tersebut.

  1. Pekerjaan Menjadi Cepat Selesai

Hadirnya kesaja sama adalah untuk menyelesaikan semua masalah dengan baik karena dikerjakan secara bersama-sama. Kerja sendiri tentu hasilnya akan berbeda jika dilakukan bersama-sama, maka hasilnya akan lebih cepat terselesaikan.

  1. Pekerjaan Menjadi Ringan

Terkadang pekerjaan terasa berat dan sulit saat dikerjakan secara sendiri, namun akan terasa lebih ringan dan mudah jika dikerjakan secara bersama-sama. Itulah manfaat daru sebuah kerja sama, selain membuat pekerjaan lebih ringan juga akan lebih cepat terselesaikan.

Contoh-Contoh Kerja sama

Tentu saja kita setiap hari tidak lepas dari namanya kerja sama baik yang disadari maupun tidak disadari karena kita sebagai manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup secara sendiri. Nah berikut ini beberapa contoh kerja sama yang sering kita temui.

  1. Kerja sama dalam keluarga dalam membereskan pekerjaan rumah
  2. Kerja sama dalam masyarakat seperti gotong royong membersihkan lingkungan
  3. Kerja sama disekolahan seperti mengatur jadwal piket dan menjalankannya
  4. Kerja sama dalam perusahaan seperti membentuk tim-tim sebagai contoh tim pemasaran
  5. Dan lain sebagainya.

Nah itulah penjelasan kami mengenai pengertian kerja sama semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semuanya.

Baca juga: Pengertian Entrepreneur

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”