Penggolongan Pasar Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya

Diposting pada

Penggolongan pasar berdasarkan waktu pelaksanaannya terdapat beberapa jenis. Namun sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai pasar ada baiknya kita mengerti dulu apa yang dimaksud dengan pasar itu sendiri.

Penggolongan Pasar Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya
Penggolongan Pasar Berdasar Waktu

Pasar merupakan salah satu dari berbagai macam sistem yang berhubungan dengan aktivitas jual dan beli. Perlu diketahui pasar sendiri bukanlah sebuah tempat melainkan lebih kepada kegiatannya sehingga bisa disimpulkan dimana ada kegiatan jual beli maka disitu bisa disebut sebagai pasar.

Namun jika yang melakukan kegiatan jual beli hanya beberapa orang maka bukan dikatakan sebagai pasar, hal ini tertuang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mengartikan pasar sebagai sekumpulan orang yang melakukan transaksi jual dan beli disuatu tempat yang diadakan oleh perkumpulan orang atau organisasi dengan maksud mencari derma.

Pasar sendiri memiliki peranan sangat penting karena merupakan roda perekonomian sebuah negara. Maka tak herap pasar bisa menentukan pembentukan harga sebuah produk, selain itu terjadinya distribusi barang yang cukup besar, menyerap tenaga kerja dan lain sebagainya.

Penggolongan Pasar Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya

Ternyata pasar memiliki beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan waktu pelaksanaannya diantaranya adalah.

  1. Pasar Kaget

Pasar kaget bisa disebut sebagai pasar dadakan yang bersifat sementara. Pasar ini biasanya hadir pada saat ada momen tertentu saja semisal pasar menyambut hari raya seperti tahun baru atau pasar malam dan lain sebagainya.

  1. Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar yang dilaksanakan setiap hari yang biasanya ada di kota-kota. Pasar ini menjual berbagai macam kebutuhan seperti sayuran, buah-buahan, daging, beras dan lain sebagainya.

  1. Pasar Mingguan

Pasar Mingguan biasanya ada di perkampungan dimana kegiatan pasar akan bergilir setiap harinya dari kampung satu ke kampung yang lainnya. Misalkan Pasar Minggu di kampung A, Pasar Senin di Kampung B dan seterusnya. Barang yang dijual sama seperti pada umumnya pasar yakni barang kebutuhan pokok.

  1. Pasar Bulanan

Pasar Bulanan untuk saat ini memang masih jarang ditemui karena sifatnya yang buka hanya satu kali dalam sebulan. Biasanya kalaupun ada menjual barang-barang khusus seperti barang antik, hewan peliharaan, atau barang hobby. Bisa saja penggagas pasar ini adalah komunitas.

  1. Pasar Tahunan

Seperti namanya pasar tahunan adalah pasar yang dibuka setahun sekali dan saat ini terdapat di kota-kota besar dan diadakan menjelang hari besar saja. Pasar ini biasanya dimanfaatkan oleh produsen untuk memperkenalkan produk baru. Sebagai contoh Pekan Raya Jakarta, Pasar Malam Skatenan di Surakarta atau Yogyakarta dan lainnya.

Nah itulah penggolongan pasar berdasarkan waktu pelaksanaannya terdapat pada beberapa daerah di Indonesia. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”