Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Memperbaikinya

Penyeban layar HP tidak bisa disentuh dan cara memperbaikinya

Saat ini semua smartphone menggunakan layar lebar sebagai media pengoperasiannya, layar juga berfungsi untuk memberikan visualisasi sistem dan informasi didalamnya. Namun pernahkan sobat mengalami layar HP tidak bisa disentuh? Barangkali ada yang salah dengan ponsel pintar yang sobat miliki.

Penyeban layar HP tidak bisa disentuh dan cara memperbaikinya
Penyeban layar HP tidak bisa disentuh dan cara memperbaikinya

Mungkin jarang yang mengalami namun bukan berarti tidak ada yang mengalami masalah yang menjengkelkan ini. Ada beberapa sebab layar HP tidak bisa disentuh dan itu bukanlah karena kesalahan sistem. Yang paling umum biasanya karena layar basah terkena air sehingga ketika kita akan mengoperasikan ponsel tidak ada gesekan langsung antara jari dan tangan.

Solusi layar tidak bisa disentuh karena basah tentu saja sangat mudah, kita hanya perlu mengelapnya dan mengeringkan layar maka layar tersebut sudah bisa dioperasikan kembali.

Namun akan menjadi jengkel jika kerusakan layar justru terjadi karena sistem dna kita tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Nah mari kita kenali beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh berikut ini.

Masalah pada Sistem Operasi (OS)

Kira-kira sudah berapa lama kamu menggunakan ponsel pintar yang sekarang kamu gunakan? Setahun, dua tahun atau beberapa tahun dan sudah cukup lama? Tentu saja akan ada pengurangan performa pada ponsel.

Salah satunya pada sistem operasi yang digunakan yang setiap generasi mengalami upgrade ke versi terbaru. Mungkin ponsel kamu sistem operasinya sudah cukup jadul sementara ponsel terus bekerja menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Adakalanya ponsel yang sudah cukup lama digunakan akan mengalami masalah pada sistem operasinya yang membuat layar HP tidak bisa disentuh. Solusinya mungkin kamu perlu melakukan restart ponsel terlebih dahulu dan mencoba mengoperasikannya kembali.

Jika masih belum berfungsi normal maka langkah selanjutnya bisa melakukan factory reset. Masih gagal juga mungkin kamu perlu membeli ponsel baru ketimbang memperbaiki yang ada karena biasanya akan membutuhkan biaya yang lumayan besar.

HP Kamu Pernah Mengalami Kecelakaan

Mungkin ponsel kamu mengalami hal yang buruk jatuh dan terbentur cukup keras. Sementara casing HP kamu tidak bisa membantu cukup banyak alhasil layar menjadi tidak bisa dioperasikan secara normal, biasanya hal itu karena ada kegagalan pada sistem operasi, namun lambat laun akan kembali normal.

Tapi jika layar ponsel kamu mengalami retak tentu akan sangat menggangu, beberapa bangian akan sulit disentuh terutama pada layar yang retak, solusinya yaitu ganti layar atau bisa beli ponsel yang baru.

Layar Kotor dan Berdebu

Pasti kamu pernah ngalamin layar ponsel kamu terlihat kotor dan berdebu, kotor akibat makanan es krim atau sirup anak-anak yang langsung bermain dengan ponsel, pada saat kering layar menjadi kusam dan sulit dioperasikan. Tentu cara termudah yang bisa dilakukan adalah membersihkan kembali layar dengan kain basah dan dikeringkan.

Sebaiknya sayangi layar ponsel sobat karena jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akan merusak sistem sensitifitas layar dan menjadi error.

Nah itulah beberapa sebab layar ponsel tidak bisa disentuh, kebanyakan kerusakan tersebut karena faktor eksternal seperti ponsel terjatuh, terkena debu dan air atau layar rusak dan retak.

Cara Memperbaiki Layar HP yang Tidak Merespon saat Disentuh

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh, nah kali ini akan saya ringkas agar lebih mudah dipahami diantaranya adalah:

  1. Membersihkan layar HP dari debu dan kotoran serta air yang menempel
  2. Mengganti lapisan pendung layar HP yang sudah kusam dengan yang baru
  3. Merestart ponsel karena bisa jadi ada kegagalan sistem operasi
  4. Membersihkan memory RAM
  5. Mengaktifkan GPU Reading masuk ke Pengaturan-Depeloper Options-Force GPU Reading.
  6. Rendam HP dalam beras, hal ini dipercaha bisa mengeringkan HP yang terkena air cukup banyak.
  7. Mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik
  8. Jika masih error maka bisa dibawa ke service HP
  9. Solusi terakhir membeli ponsel yang baru

Demikian artikel Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Cara Memperbaikinya, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk sobat sekalian. Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”