Perubahan Iklim: Definisi, Penyebab, dan Dampak yang Ditimbulkannya

Diposting pada

Perubahan iklim adalah – Kita sudah pasti sering mendengar istilah perubahan iklim dan kita juga sudah tahu apa itu perubahan iklim, semisal cuaca yang tiba-tiba semakin memanas atau mungkin semakin dingin, atau tiba-tiba ada angin puting beliung yang cukup besar.

Nah perubahan iklim sendiri sering dikaitkan dengan pemanasan global dimana suhu udara yang semakin meningkat diberbagai daerah di belahan dunia sehingga mengganggu tatanan cuaca. Maka perubahan iklim adalah perubahan pola cuaca disuatu wilayah yang terjadi dalam jangka panjang.

Sementara pemanasan global sendiri disebabkan oleh perubahan iklim. Pemanasan glogal terjadi pemanasan suhu di bumi yang terjadi selama satu dekade atau lebih.

perubahan iklim adalah

Penyebab Perubahan Iklim Adalah

Lantas apa penyebab perubahan iklim dimana saat ini menjadi masalah besar bagi keberlangsungan dunia. Maka tak heran banyak pemimpin-peminpin negara berkumpul dan rapat untuk membahas masalah perubahan ini, bagaimana cara mengatasinya minimal memperlambatnya karena perubahan iklim ini sudah pasti akan terus terjadi.

Rata-rata para kepala daerah disebuah negara akan memaksimalkan mengurangi polusi yang menjadi penyebab utama perubahan iklim.

Benar sekali, para ahli menjelaskan penyebab perubahan iklim adalah meningkatkan konsentrasi karbon dioksida yang bersumber dari pembakaran bahan bakar fosil.

Ilmuan sejak pertengahan abad ke-19 memang sudah melakukan pengamatan dan penelitian tentang perubahan jangka panjang dari cuaca. Pengamatan dilakukan dengan mengukur tingkat karbon dioksida serta kaitannya dengan perubahan suhu global baik secara derajar fahrenheit maupun celcius.

Karbon dioksida lebih besar dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil dari pabrik-pabrik atau berkaitan dengan ekonomi. Industri menggunakan batu bara dan minyak sebagai sumber energi pembakaran namun dampaknya adalah konsentrasi karbon dioksida di atmosfer semakin meningkat.

Kontribusi pembakaran bahan bakar fosil ini menyumbang 70 hingga 80 persen dari total emisi gas rumah kaca. Selain dari pembakaran bahan bakar fosil untuk perindustrian, juga perubahan pola pertanian seperti penggunaan lahan juga penyumbang penyebab perubahan iklim.

Dampak Pemanasan Global ( Global Warming )

Perubahan iklim berpengaruh besar bagi kehidupan di bumi seperti pemanasan global atau suhu udara di bumi secara merata mengalami peningkatan. Tentu saja pola cuaca, kondisi lingkungan dan ekosistem turut mendapat pengaruh.

1. Pemanasan Samudera

Luas bumi memang lebih besar lautan ketimbang daratan, maka tak heran jika lautan menyerap panas hingga hampir 90 persen panas udara sehingga permukaan lautan terasa lebih hangat.

2. Perubahan salju, es, dan tanah beku

Bumi memiliki pusat es di antartika dan greenland. Akibat pemasanan global ini massa es di kedua wilayah tersebut mengalami penurunan yang sangat cepat sehingga permukaan air laut semakin meningkat. Selain itu kedua wilayah tersebut juga cukup penting untuk mengondisikan suhu dibumi, jika sampai es di tempat tersebut hilang maka akan berdampak sangat buruk bagi bumi.

3. Kenaikan permukaan air laut

Dari pantauan satelit NASA menunjukkan permukaan laut mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini berdampak buruk bagi wilayah pesisir, bahkan Jakarta sendiri terancam tenggelam dalam beberapa tahun kedepan akibat air laut yang naik. Kenaikan air laut ini disebabkan es dan gletser mengalami pencairan yang cukup cepat lantaran pemanasan global.

4. Perubahan pola cuaca dan cuaca ekstrem

Badai petir, angin kencang, banjir dan lain sebagainya juga merupakan efek dari pemanasan global. Hal ini berkaitan erat dengan perubahan iklim yang menyebabkan perubahan frekuensi, intensitas, luas spasial, durasi, dan waktu cuaca dan iklim ekstrem.

Kesimpulan Perubahan Iklim

Setelah diuraikan diatas maka bisa disimpulkan perubahan iklim adalah perubahan pola cuaca yang berlangsung cukup lama. Perubahan ini disebabkan oleh pemanasan global akibat konsentrasi karbon dioksida di lapisan atmosfer semakin meningkat.

Karbon dioksida ditimbulkan dari banyak hal terutama pembakaran bahan bakar fosil dan minyak. Sebut saja pembakaran batu bara untuk kebutuhan industri ekonomi, atau kendaraan-kendaraan seperti motor, mobil, pesawat terbang, kereta api, kapal laut dan lainnya.

Jika pemanasan global ini tidak bisa kita hentikan atau minimal kita kurangi maka akan berdampak sangat buruk bagi kehidupan di bumi.

Baca juga: Pengertian Entrepreneur

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"