Rahasia Cara Membuat Bakso Kenyal dan Padat Tanpa Pengawet

Diposting pada

Masyarakat Indonesia umumnya menyukai makanan Bakso. Ditempat saya di Jawa Barat hampir setiap tikungan jalan ada tukang baksonya. Bahkan setiap ada acara maka tukang bakso berjejer menjajakan dagangannya.

Bakso menjadi makanan favorit orang Indonesia dan rasanya tidak ada di negara lain selain di Indonesia.

Cara membuat bakso lebih kenyal dan padat
Cara membuat bakso lebih kenyal dan padat

Meski penjual bakso sangat banyak namun kita tetap memiliki selera tersendiri mengenai bakso yang enak yang seperti apa. Tentu saja bakso yang kenyal dengan tekstur padat menjadi idola kita semua.

Hanya saja terkadang untuk mendapatkan tekstur kenyal dan padat para pedagang mengakalinya dengan menambahkan boraks. Padahal Boraks sendiri dilarang dijadikan bahan makanan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Padat

Nah ada cara lain agar bakso tetap kenyal dan padat tanpa menggunakan zat berbahaya seperti boraks. Berikut ini hal yang bisa sobat lakukan.

  1. Bahan Adonan Bakso yang Pas

Secara umum bahan-bahan membuat bakso adalah daging kemudian tepung. Tepung bisa menggunakan tepung tapioka, tepung sagu atau tepung sagu aren.

Penambahan bumbu-bumbu agar rasanya semakin nikmat. Daging yang masih segar akan membuat bakso terasa lebih kenyal. Agar rasa dagingnya kerasa pas digigit maka kadar dagingnya bisa diperbanyak.

Usahakan bahan adonan diseuaikan dengan resep andalan dan takaran yang pas agar kekenyalan bakso bisa didapatkan secara sempurna.

  1. Gunakan Es Batu

Es batu bisa membuat adonan terutama daging-daging menjadi lebih kenya; Oleh sebab itu tambahkan es batu kedalam adonan dan diamkan hingga terasa lebih kenyal.

  1. Gunakan Poly Powder atau Baking Powder

Gunakan Baking Powder atau pengembang adonan secara sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk. Namun jangan gunakan baking powder ini secara berlebihan agar saat di masak nantinya bakso tidak pecah.

  1. Gunakan Bubuk Agar-agar

Bubuk agar-agar juga bisa membuat bakso terasa lebih kenyal. Maka tambahkan bubuk agar-agar pada adonan secukupnya saja. Gunakan agar-agar tanpa warna dan tanpa rasa sehingga rasa bakso dagingnya tidak berubah sama sekali.

  1. Gunakan Telur

Salah satu rahasia bakso terasa kenyal dan padat adalah penambahan telur pada donan. Hanya saja jika terlalu banyak justru bisa menyebabkan adonan lembek. Umumnya untuk adonan bakso 900 gram hanya membutuhkan satu atau dua telur saja.

  1. Masukan ke Air Hangat

Setelah bakso dibentuk bulat-bulat maka masukan kedalam air hangat karena hal ini akan memperkenyal bakso dan terasa lebih padat. Namun berbeda untuk bakso ikan sebaiknya gunakan air es yang membuat bakso mengeras dan kencang.

Nah itulah rahasia cara membuat bakso lebih kenyal dan padat tanpa menggunakan bahan pengawet. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"