Rekomendasi Beli Domain Hosting Terbaik Murah Berkualitas

Rekomendasi beli Domain dan Hosting – Oke sobat sekalian kali ini saya akan bahas panjang lebar mengenai domain dan hosting. Domain dan hosting ini adalah hal wajib bagi kamu yang hendak membangun sebuah website, keduanya harus kamu beli dengan harga yang cukup lumayan dengan sistem kontrak perbulan atau pertahun.

rekomendasi domain dan hosting

Namun sebelumnya bagi sobat yang pengen tau blog ini dibangun menggunakan domain dan hosting dari layanan mana, nah saya sendiri mempercayakannya kepada Hawkhost yang merupakan sebuah layanan domain hosting yang cukup terpercaya dan banyak digunakan oleh website diseluruh dunia.

Saya merekomendasikan domain dan hosting dari Hawkhost atau Idwebhost untuk membangun blog sobat sekalian. Untuk informasi lengkapnya silahkan menuju tautan ini : Hawkhost atau Idwebhost.

Sebelumnya kita ketahui dulu nih apa itu Domain dan Hosting?

Pengertian Domain

Domain adalah nama alamat dari sebuah blog, sebagai contoh blog ini memiliki domain dengan alamat deniandrian.com. Tentu saja alamat domain ini sangat memudahkan untuk diingat oleh orang lain sehingga bisa lebih mudah saat hendak mengunjungi blog ini.

Dan sebenarnya nama domain ini untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. IP Adress atau alamat IP sendiri tersusun dari beberapa digit angka misalkan domain facebook.com memiliki alamat IP 66.220.156.68 begitupun dengan google.com dan lain sebagainya yang memiliki IP Adress sendiri-sendiri.

Bayangkan kalau tidak ada nama domain maka kita akan cukup kesulitan menghafal sebuah alaman IP. Saat hendak mengunjungi facebook maka di browser komputer temen-temen harus mengetikan alamat IP yang panjang dan sulit dihafal. Beruntung ada nama domain yang cukup membantu kita.

Jenis-Jenis dan Nama Domain Serta Bagiannya

Domain bukan hanya sekedar nama domain namun ternyata sebuah domain terdiri dari beberapa bagian. nah untuk lebih jelasnya berikut beberapa bagian dari sebuah nama domain.

Top Level Domain (TLD) – Pasti temen-temen sudah sering dengar istilah TLD atau TOP Level Domain ini. TLD merupakan susunan huruf terakhir setelah tanda titik pada sebuah alamat domain. Sebagai contoh deniandrian.com maka TLD-nya adalah .com.

Second Level Domain (SLD) adalah bagian kedua dari kanan setelah TLD dari nama domain. Sebagai contoh Google.co.id maka SLD-nya adalah .co. Sementara untuk nama domain deniandrian.com maka SLD-nya adalah deniandrian.

Third Level Domain adalah bagian ketiga dari SLD sebagai contoh google.co.id maka Third Level Domainnya adalah google.

Subdomain adalah domain baru yang masih bagian dari domain utama dan penempatannya disebelah kiri. Sebagai contoh deniandrian.com akan dibuatkan subdomain dengan nama puisi.deniandrian.com. Maka ada subdomain puisi.deniandrian.com akan dikhususkan untuk membahas kumpulan puisi.

Global Top Level Domain diantaranya adalah com, .net, .org, .gov, .biz, .info dan lain sebagainya.

Country Code Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang khusus digunakan oleh sebuah negara seperti id, .uk, .sg, .my dan lain sebagainya.

Umumnya sebuah domain TLD mewakili arti dari sebuah website sehingga kita bisa mengira-ngira isi dari website tersebut membahas tentang apa. Meski dalam kenyataannya banyak domain-domain TLD juga tidak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Sebagai contoh domain TLD .org yang merupakan organisasi non profit namun kenyataannya banyak domain tersebut digunakan untuk keperluan bisnis.

Nah berikut ini jenis-jenis domain TLD dan juga artiannya yang sering kita temui diinternet diantaranya:

  • Domain .com biasanya digunakan secara umum untuk keperluan website bisnis, perusahaan, komersil dan lainnya.
  • Domain .net biasanya digunakan untuk website berbasis jaringan atau berhubungan dengan network meski dalam implementasinya tidak seharusnya.
  • Domain .org untuk keperluan website organisasi non profit.
  • Domain .gov digunakan untuk website pemerintah atau goverment
  • Domain .ac biasa digunakan untuk website akademis atau kampus.
  • Domain .id adalah domain yang menunjukkan website Indonesia
  • Domain .uk adalah domain website negara Inggris
  • Domain .co.id adalah domain yang menunjukkan sebuah perusahaan komersial di Indonesia, dan lain sebagainya.

Pengertian Hosting

Membuat blog tidak cukup hanya dengan membeli domain saja melainkan sobat juga harus membeli sebuah hosting. Jika domain adalah nama dari sebuah blog maka ketika sobat mencoba mengaksesnya di internet domain tersebut masih belum bisa diakses.

Sobat masih harus membeli hosting sebagai tempat menyimpan berbagai data file seperti artikel, gambar, video dan lain sebagainya.

Ibaratnya domain adalah nama toko anda dan hosting adalah toko anda yang memiliki ruangan cukup besar kemudian diisi oleh berbagai produk sehingga toko anda sudah bisa diakses oleh siapapun.

Jenis-Jenis Hosting

Sejauh ini ada empat jenis server hosting yang bisa menjadi pilihan sobat sekalian untuk kebutuhan website diantaranya:

Shared Hosting

Jika sobat membutuhkan hosting murah maka Shared Hosting bisa menjadi pilihan, apalagi jika blog sobat tergolong tidak memiliki lalu lintas traffik yang tinggi. Website yang ditempatkan di Shared Hosting sendiri jumlahnya cukup banyak bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan.

Hal inilah yang membuat shared hosting dipatok harga yang relarif murah karena blog sobat akan berbagi RAM maupun CPU dengan blog lainnya. Untuk setting-settingnya juga cukup mudah dan bisa dipahami oleh pemula sekalipun.

Virtual Private Server (VPS Hosting)

Bedanya dengan shared hosting pada VPS pengguna dimungkinkan untuk mengakses root virtual mereka sendiri dan ini bisa disebut lebih aman dibanding shared hosting sekalipun berbagi server dengan pengguna lainnya namun kemampuannya dalam menampung banyak traffik sangat memungkinkan.

Dedicated Server Hosting

Dedicated Server menawarkan akses secara penuh server yang sobat gunakan sehingga pada server hanya ada blog yang sobat miliki saja tidak ada blog-blog orang lain sehingga sangat ekslusif.

Cloud Hosting

Cloud hosting menawarkan kemampuan tak terbatas sehingga traffik sebanyak apapun akan bisa ditangani dengan baik, blog akan tetap bisa diakses dengan lancar. Tentu saja harga yang ditawarkan cukup mahal, namun jika blog sobat memiliki traffik yang sangat tinggi maka semuanya seakan terbayar murah.

Mungkin seperti itulah penjelasan sederhana mengenai domain dan hosting, Namun pada prosesnya pada saat menghubungkan domain dan hosting perlu melakukan beberapa langkah teknis dengan benar. Pada artikel selanjutnya saya akan coba jelaskan tutorial membuat website dari saat membeli domain dan hosting hingga mengonlinekannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Domain dan Hosting Terbaik

  1. Kualitas Server Terbaik

Sebelum membeli hosting maka ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yang utama adalah performa server yang mencakup banyak hal seperti teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

Hal ini berpengaruh besar pada performa website sobat nantinya apakah akan mudah diakses dan cepat atau tidak, apakah akan ada kendala.

Lokasi server juga cukup berpengarug terhadap performa sebuah website dan akan lebih baik memilih server dengan lokasi yang sama dimana sobat berada dengan menargetkan visitor dinegara setempat.

  1. Suport 24 Jam Berkualitas

Adakalanya kita mengalami kendala dengan server dan tidak bisa mengatasinya sendiri maka peran customer suport sangat penting. Pilihlah layanan hosting dengan suport terbaik 24 jam.

Perhatikan juga bagaimana cara sobat berkomunikasi dengan tim server apakah mudah atau sulit misal bisa melalui telepon, email, live chat dan lain sebagainya. Jika sobat menemukan perusahaan domain hosting dengan spesifikasi suport tersebut maka jangan ragu memilihnya.

  1. Harga Bersaing serta Unlimited

Ada harga maka ada fasilitas yang diberikan oleh paket hosting atau server yang hendak sobat beli. Nah perhatikan harga yang ditawarkan oleh jasa penyedia hosting dan bandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.

Jika menemukan harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang memadai maka bisa menjadi pilihan sobat sekalian. Tentu saja paket hosting yang ditawarkan memiliki harga yang berbeda disesuaikan dengan spek dari hostingnya. Maka perhatikan dengan seksama sebelum memutuskan membelinya.

  1. Fitur Tambahan yang Lengkap

Perkembangan teknologi internet kian pesat dengan berbagai teknologi yang memudahkan kita dalam membangun sebuah website. Begitupun layanan domain dan hosting kian mudah dioperasikan dengan berbagai fitur terbaru.

NAh perhatikan fitur-fitur tersebut selain fitur utama dari hosting yang akan dibeli sobat juga perlu memperhatikan apakah ada fitur tambahan yang memungkinkan memudahkan kita dalam instal sebuah website atau fitur keamanan dan lain sebagainya.

  1. Garansi

Hampir semua perusahaan jasa hosting menawarkan garansi uang kembali, tentu saja pelanggan akan lebih senang jika klaim garansi tidak memakan waktu serta sulit melainkan mudah. Selain itu jumlah uang yang dikembalikan masuk akal dan akan lebih baik jika 100 persen.

Tentu saja dari sisi calon konsumen adanya garansi uang kembali menambah keyakinan akan kualitas dan layanan dari sebuah perusahaan hosting.

  1. Review Pelanggan

Review pelanggan menjadi hal yang menentukan dalam mengambil keputusan. Jika banyak yang mereview layanan hosting tersebut positif maka sobat gak perlu ragu memilihnya namun sebaliknya jika review pelanggan negatif maka sebaiknya jangan memilih layanan tersebut.

Disamping keenam hal diatas tentu masih banyak yang perlu diperhatikan dan intinya memudahkan sobat dalam mengurus blog atau website nantinya. Misalnya adalah Cpanel yang mudah dioperasikan, mudah melakukan upgrade server ke spek yang lebih tinggi jika suatu saat blog sobat mengalami kenaikan traffik yang signifikan dan lain sebagainya.

Rekomendasi Domain dan Hosting Terbaik

Kesimpulannya dari artikel diatas jika sobat hendak memilih sebuah perusahaan domain dan hosting terbaik maka ada banyak pilihan yang bisa diambil, salah satunya yang sama gunakan di blog ini yakni dari perusahaan hawkhost. Namun disamping itu ada banyak pula perusahaan lainnya seperti Hostgator, idwebshot dan lain sebagainya.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *