100 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits 2021 dan Sekitarnya

Diposting pada

Tempat wisata di Bandung – Meski saat ini masih pandemi Covid-19 bukan berarti kita harus diam-diam saja dirumah. Ada kalanya kita pembatasan yang diterapkan oleh pemerintah akan berakir pula sehingga tempat-tempat wisata akan kembali dibuka.

Apalagi pandemi juga tidak akan selamanya, suatu saat akan hilang juga dan kita akan kembali hidup dan beraktivitas secara normal. Nah kali ini untuk mengisi waktu liburan kita setelah sekian lama dirumah saja maka kami akan berikan informasi mengenai tempat wisata di Bandung dan sekitarnya.

Bandung bukan hanya jalan Asia Afrika, bukan hanya Jalan Cihampelas yang terkenal dengan tempat belanja berbagai macam fashion, bukan hanya jalan Braga saja. Ternyata banyak tempat wisata justru berada di luar kota Bandung, sebut saja Lembang yang ada di Kabupaten Bandung Barat atau Ciwidey di Kabupaten Bandung.

Penasaran dengan tempat wisata di Bandung? Berikut ini kami sajikan informasinya secara lengkap.

Tempat Wisata di Bandung Kota

Kemungkinan besar pertama kali menginjakkan kaki ke Kota Bandung maka disinilah kita akan menginap dan menghabiskan waktu. Maka sebelum explore Bandung dan sekitarnya kita perlu explore dulu tempat-tempat wisata di pusat Bandung Kota ini, berikut ini daftarnya.

1. Little Seoul Bandung

tempat wisata di Little Soul Bandung
Little Soul Bandung @ridwankamil

Kamu penggemar drama-drama Korea mungkin ingin sekali menikmati suasana ala Korea Selatan. Maka wajib mencobanya datang ke Little Seoul Bandung. Sebuah tempat dan caffee yang didesain seolah-olah menyerupai kawasan Dongdaemun Street di Seoul, Korea Selatan.

Tempat yang instagramable dengan bangunan yang memiliki kesan kuat ala Korea Selatan, apalagi terdapat papan reklame pada bagian depan bangunan denga tulisan Korea yakni huruf Hangul.

Terdapat kedai-kedai yang berjejer di pinggir jalan dengan desain dan nuansa Korea Selatan, juga terdapat MRT khas negeri gingseng tersebut serta masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya berkunjung kesini kamu akan terbawa suasana Seoul dengan anea ragam jajanan ala street food

Lokasinya ada di Jl. Sawunggaling No.10, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Saung Angklung Mang Udjo

tempat wisata di bandung saung angklung mang udjo
Saung Angklung Mang Udjo @kemenparekraf.go.id

Salah satu tempat wisata edukasi yang sudah sangat terkenal bukan hanya di Kota Bandung saja melainkan hingga ke mancanegara yakni Saung Angklung Mang Udjo.

Disini kita akan disuguhkan dengan suasana sunda khas Jawa Barat, kemudian diperkenalkan dengan alat musi tradisional seperti angklung serta alat musik dan kerajinan lain dari Bambu.

Kita juga akan disuguhkan pertunjukkan permainan alat musik angklung sebagai ciri khas kebudayaan Sunda, Jawa Barat. Tentu saja ini adalah tempat wisata yang sempurna untuk anak-anak kita karena diperkenalkan sejak dini mengenai kebudayaan kita.

Sayangnya keberadaan Saung Angklung Mang Udjo terancam tutup lantaran hampir tidak ada pengunjung karena pandemi Covid-19. Pengelola terus berupaya keras agar eksistensi tempat wisata ini tetap bisa bertahan, semoga saja Saung Angklung Mang Udjo bisa terus ada sampai kapanpun.

Lokasi Saung Angklung Mang Udjo berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Trans Studio Bandung

tempat wisata di trans studio bandung
Trans Studio Bandung @TransStudioBdng

Salah satu tempat wisata hiburan indoor dengan fasilitas hiburan keluarga yang sangat lengkap adalah Trans Studio Bandung, lokasinya berada di dalam Mall dan tempat ini menjadi rekomendasi kami untuk kamu dan keluarga kunjungi.

Kamu bisa bermain Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship hingga roller coaster sepuasnya. Cocok banget bagi kamu yang menginginkan suasana meriah dan penuh kegembiraan.

Harga tiket ke Trans Studio Bandung mulai Rp.180.000 saja dan untuk hari-hari tertentu hargaya bisa lebih mahal. Lokasinya berada di Jl. Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

4. Museum Gedung Sate

Tempat wisata di Kota Bandung Meseum Gedung Sate
Museum Gedung Sate Bandung @jabarprov.go.id

Kota Bandung identik dengan Gedung Sate, salah satu gedung bersejarah karya Ir.J.gerber ini memiliki ornamen khas dengan tusuk sate pada bagian menara sentralnya.

Di Museum Gedung Sate ini terdapat banyak koleksi bersejarah yang tertata rapi. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Jika kamu berkunjung ke Kota Bandung maka tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Gedung Sate ini.

Berfoto dengan backround gedung sate akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kamu. Tiket masuk ke museum Gedung Sate juga cukup murah karena cukup membyar Rp.5000 saja maka kamu akan mendapatkan pengalaman dan wawasan yang berharga.

Alamatnya berada di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. Curug Dago

Tempat wisata di Kota Bandung Curug Dago
Curug Dago @YoungBandung

Salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup populer adalah Curug Dago. Tahukah kamu, objek wisata Curug Dago dibuka dan diresmikan oleh Presiden Ke-2 Indonesia yakni Bapak H.M Soeharto pada awal tahun 1985 Diawasan ini dikenal dengan keanekaragaman hayati serta terdapat hewan langka.

Curug Dago yang berada di ketinggian 800 Mdpl ini sangat pas jika dikunjungi bersama anggota keluarga terutama anak-anak karena bisa sekaligus memberikan pengalaman dan wawasan baru tentang keragaman hayati yang di miliki Indonesia, salah satunya adalah di kawasan konservasi di Curug Dago.

Tiket masuk ke kawasan ini hanya Rp.12.000 saja dengan alamat di Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Chinatown Bandung

Tempat wisata di Kota Bandung China Town
ChinaTown Bandung

Seperti namanya China Town Bandung yang berarti kota China maka pengunjung akan disuguhi suasana ala Kota China pada jaman dulu. Objek wisata di Kota Bandung ini di bangun pada wilayah dengan luas 3000 hektar.

Ketika masuk ke dalamnya maka kamu akan merasakan seperti di Kota-Kota Tionghoa, banyak klenteng dan ornamen-ornamen khas China. Kamu bisa berfoto sesukanya juga bisa sambil wisata kuliner.

Tiket masuk ke China Town sebesar Rp.30.000 saja dengan lokasi beralamat di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

7. Amazing Art World

tempat wisata di kota Bandung Amazing Art World
Amazing Art World Bandung @Jessica

Seperti namanya Amazing Art World maka tempat wisata di Kota Bandung ini menyuguhkan suasana yang penuh dengan karya seni berupa lukisan yang menipu mata.

Lukisan-lukisan ini dibuat oleh seniman lokal dan luar negeri, disebutkan sebanyak 10 pelukis Indonesia dan 5 pelukis asal Korea sudah membuat lukisan yang bisa membuat daya imajinasi kamu aktif.

Lukisan yang menipu mata ini akan membuat kamu seolah menjadi objek lukisan namun justru keluar dari bingkainya. Disini terdapat 6 galeri dengan 13 zona serta 150 spot foto yang menarik. Kamu bisa mengexplore tempat ini sepuasnya.

Tarif masuk ke Amazing Art World ini sebesar Rp.55.000 saja dan berada di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

8. Upside Down World Bandung

tempat wisata di Kota Bandung Upside Down
Upside Down World Bandung @dewigianti

Tempat wisata di Kota Bandung satu ini bernama Upside Down World Bandung. Artinya adalah dunia terbalik dimana semua objeknya didesain secara terbalik. Tentu ini cukup menarik banyak wisatawan terutama para pemburu foto-foto unik.

Seperti namanya Upside Down World maka kamu akan disuguhkan semua hal secara terbalik, kamu akan masuk ke dalam rumah dimana semuanya terpasang terbalik termasuk perabotan dan firniture, kamu juga akan menginjak bagian atap atau langit-langitnya, cukup menarik bukan?

Tiket masuk kesini sebesar Rp.50.000 dan lokasinya berada di Jl. H. Wasid No. 31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

9. Museum Geologi Bandung

Tempat wisata di Kota Bandung Museum Geologi
Museum Geologi Bandung

Sebagai sebuah museum tentu tempat ini sangat cocok bagi sobat yang peduli akan pengetahuan dan sejarah. Maka tempat wisata di kota Bandung ini sangat cocok dikunjungi bareng keluarga dan anak-anak.

Banyak barang-barang bersejarah dari masa lampau juga replika dari aslinya. Sebut saja hewan-hewan purba yang pernah menghiasi kehidupan bumi di masa lalu.

Disini juga terdapat banyak replikasi fosil, bebatuan unik, replika gunung merapi dan masih banyak lagi.

Lokasinya berdekatan dengan Gedung Sate dan beralamat di Jl. Diponegoro No. 57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Sementara untuk tiket masuknya sebesar Rp.2000 saja,

10. Kampoeng Tulip

Wisata di Kota Bandung Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip Bandung @dekatour.com_

Bisa disebut ini adalah tempat wisata di Kota Bandung yang menyuguhkan suasana seperti di negeri Kincir Belanda. Disini terdapat bunga-bunga tulip yang cantik, kincir angin dan beragam wahana.

Di atas lahan seluas 800 meter suasana Negeri Belanda cukup terasa, terdapat kolam dengan desain yang cukup menarik. Kamu juga bisa menambah wawasan tentang aneka ragam bunga yang cantik juga bisa sambil foto-foto karena terdapat banyak spot foto.

Tiket masuk ke Kampoeng Tulip cukup murah yakni hanya Rp.10.000 saja dan lokasinya berada di Jl. Ciwastra, Mekarjaya, Kec. Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

11. Jalan Braga

Tempat wisata Kota BAndung Jalan Braga
Jalan Braga, Bandung @adriansyahyasin

Jika di Yogyakarta ada Jalan Malioboro yang selalu ramai setiap saatnya maka di Kota Bandung juga ada Jalan Braga yang menyuguhkan suasana yang sama namun berbeda.

Berbedanya karena di jalan ini terdapat bangunan-bangunan tua serta retro yang akan membawa suasana seperti di tengah berada di luar negeri. Tentu spot ini sangat bagus untuk diabadikan dalam sebuah lensa kamera.

Maka tak jarang Jalan Braga menjadi Jalan favorit para pencari gambar foto termasuk untuk video-video prewed dan lain sebagainya.

Lokasi Jalan Braga berada di Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dan tidak dipungut biaya. Paling beli makanan saja di pinggir-pinggir jalannya.

12. Street Gourmet

Street Gourmet Bandung
Street Gourmet Bandung @facebook

Menikmati sajian kuliner di dalam Bus terbuka kemudian keliling kota Bandung rasanya akan sangat menyenangkan. Maka kamu bisa mencoba Street Gourmet.

Konsep bis wisata ini didirikan oleh Airlangga Sucipto dan Tony Suciptomen. Di dalam BUS terdapat beberapa kursi dan meja yang berdesain cukup mewah, kemudian kamu bisa memesan makanan khas yang nikmat.

Tarik menikmati Steet Gourmet ini cukup lumayan yakni sebesar Rp.300.000. Sementara untuk alamatnya berada di Jl. Cilaki No.45, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

13. Kulineran di Ciumbuleuit

Tempat wisata di Kota Bandung Ciumbuleuit
Suasana malam di Ciumbuleuit Bandung

Kawasan Objek wisata ini sudah sangat populer bagi banyak wisatawan yakni Ciumbuleuit. Berada di ketinggian maka kamu akan disajikan dengan pemandangan kota Bandung yang sangat indah, apalagi jika kamu berkunjung ke sini pada malam hari maka pemandangan gemerlap Kota Bandung terlihat semakin indah dan syahdu.

Tidak ada tarif tiket masuk ke lokasi ini hanya saja kamu mungkin perlu nongkrong di warung-warung yang terdapat di sekitaran lokasi. Alamatnya berada di Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

14. Taman Balai Kota

Tempat wisata di Taman Balai Kota Bandung
Taman Balai Kota Bandung @Tripadvisor

Berjalan-jalan di Taman Balai Kota sambil menikmati suasana taman yang asri dan berbunga rasanya nikmat banget. Seru kalau jalan-jalan disini pas pagi hari atau menjelang sore apalagi ramai-ramai bareng temen-temen.

Tidak ada tarif tiket masuk ke taman ini karena ini adalah fasilitas umum. Sementara alamatnya berada di Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

15. Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo)

Tempat wisata di Kota Bandung Kebun Binatang
Kebun Binatang Bandung @tourbandung.id

Disetiap kota besar kemungkinan besar terdapat kebun binatang termasuk di Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Disini terdapat kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo yang dihuni oleh banyak sekali jenis flora dan fauna.

Dari informasi Kebun Binatang Bandung di huni oleh lebih dari 800 organisme dari kelas aves, reptil, mamalia dan ikan. Kebun Binatang ini didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park. Tempat ini menjadi rekomendasi kami untuk sobat dan keluarga kunjungi di akhir pekan sekaligus memperkenalkan anak-anak akan keaneka ragaman hayati.

Kebun Binatang Bandung beralamat di Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dengan nomor telepon (022)2502770. Sementara tiket masuknya untuk reguler sebesar Rp.50.000.

Informasi tempat wisata di Kota Bandung dan sekitarnya akan kami update terus hingga mencapai 100 tempat wisata. Baik di Kota Bandung, Di Bandung Barat hingga Bandung Selatan. Nantikan update artikelnya.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"