Tips Berjualan di Facebook Secara Gratis Tapi Efektif

Diposting pada

Saat ini tak dipungkiri lagi sosial media seperti facebook bisa dianggap sebagai rumah kedua umat manusia. Hingga saat ini jumlah pengguna Facebook di dunia sangatlah banyak hingga bermiliyar orang termasuk di Indonesia.

fb marketing

Maka tak heran orang-orang yang memiliki bisnis kerap kali memanfaatkan facebook sebagai media sosial yang efektif untuk promosi. Jika kita kenal dengan facebook ads atau beriklan di facebook yang mampu menghasilkan penjualan produk secara fantastis, maka kali ini kita akan membahas mengenai cara berjualan di facebook secara gratis.

Meski gratis tentu saja cara ini cukup efektif dalam menghasilkan konversi, hanya saja kamu perlu waktu untuk membangun semuanya, mulai dari ngebranding diri hingga mampu menjadikan facebook sebagai akun bisnis yang menjanjikan.

Persiapan Berjualan di Facebook secara Gratis Namun Efektif

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin sukses menjadikan facebook kamu sebagai akun bisnis yang produktif, diantaranya:

  • Tentukan Target Market Kamu

Jika kamu memiliki produk busana muslim atau fashion lainnya yang menargetkan kaum perempuan, maka facebook kamu nantinya akan ditargetkan kepada kaum hawa saja. Pangsa pasar kamu bisa dimulai dari daerah sekitar misal desa kamu, kecamatan kamu atau kabupaten kamu hingga nantinya bisa secara nasional.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuat akun facebook personal bisa menggunakan nama kamu, atau bisa memanfaatkan facebook yang sudah ada. Kemudian ADD orang-orang yang ada disekitar kamu terutama para perempuan.

Dengan sendirinya facebook akan menyarankan orang-orang yang mungkin kamu kenal disekitaran kamu tinggal (DESA, KECAMATAN, KABUPATEN dan seterusnya). Mereka yang sudah menjadi teman kamu bisa dimanfaatkan sebagai calon target pasar kamu.

  • Branding Diri Kamu

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah ngebranding diri kamu dan produk fashion kamu. Jangan terus-terusan update status galau yang bikin orang terkadang “enek” membacanya. Banyaklah update status bersifat motivasi dan diselingi dengan update status produk kamu.

Status motivasi yang menarik akan lebih mudah di like dan di share orang lain. Kamu juga bisa membuat “stories” di facebook berupa produk kamu, stories cukup efektif lantaran lebih mudah dilihat orang lain.

Study kasus dari ngebranding yang telah saya lakukan membutuhkan waktu satu tahun hingga orderan terus lancar setiap kali melakukan update status produk. Setiap orang tentunya akan berbeda mungkin saja kamu hanya membutuhkan beberapa bulan saja.

  • Gabung ke Grup Komunitas

Rasanya hampir setiap wilayah memiliki grup facebooknya tersendiri, kamu bisa ikut serta bergabung ke grup-grup facebook tersebut, bisa grup Kecamatan atau Grup Kabupaten dan lain sebagainya. Cari grup dengan jumlah anggota yang banyak dan selalu aktif.

Study kasus bisnis kuliner dengan membuat aneka kue dadakan dipromosikan di grup Facebook membuat orderan tak terbendung, kamu bisa mencobanya dengan bisnis kuliner ini dengan sistem delivery.

  • Merespon Setiap Komentar (Calon Buyer).

Hal terpenting adalah kamu wajib merespon dengan ramah setiap komentar di status facebook kamu tak perduli sekalipun dia tidak beli dan hanya tanya-tanya saja. Ingat, respon yang baik akan berpengaruh kepada keputusan dia disuatu saat ini, bisa saja suatu hari nanti dia akan beli produk kamu.

Namun sebaliknya respon yang buruk bisa saja dia akan menceritakannya ke orang lain dan sia-sia branding personal yang kamu lakukan selama ini. Bangun komunikasi dengan baik dengan calon konsumen kamu.

  • Manfaatkan Fitur Marketplace Facebook

Facebook mengakomodir bagi para pelaku usaha dengan membuat fitur khusus yakni marketplace. Kamu bisa membuat toko online di Facebook dan memajangkan semua produk kamu. Dengan teknik yang tepat fitur ini cukup powerfull dalam mendongkrak penjualan.

  • Produk yang Menarik

Terakhir adalah produk yang menarik yang banyak dicari oleh orang lain dengan kualitas yang lebih baik. Produk yang bagus tentu saja akan membuat orang tertarik untuk membeli. Untuk mengukur apakah produk tersebut bagus atau tidak, kamu bisa tanya ke diri kamu sendiri atau ke orang lain apakah rela membeli produk ini atau tidak.

  • Jangan Menyerah

Banyak pembisnis baru terjun yang memanfaatkan facebook sebagai media sosial pemasarannya namun sayangnya tidak bertahan lama lantaran tidak terjadi penjualan yang diharapkan. Bisa jadi cara yang kamu lakukan selama ini salah, oleh sebab itu mulailah membangun facebook kamu dengan benar dan lakukan secara konsisten.

Nah itulah tips mengenai cara efektif berjualan di Facebook dengan gratis, jika dilakukan secara konsisten InsyaAllah bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Diartikel berikutnya kita akan membahas teknik-teknik promosi lainnya, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *