Tips Membuat Kue Putri Salju yang Enak Tidak Gampang Hancur

Diposting pada

Halo sobat sekalian, kali ini kita akan bagikan tips cara membuat kue putri salju yang enak dan gak gampang hancur. Terkadang kita sering menjumpai kue putri salju yang mudah hancur saat dipegang sehingga kurang nyaman pada saat disantap, kalau misal sobat masih mengalami hal seperti itu saat pembuatan kue ini maka sebaiknya simak ulasannya berikut ini.

Tips Membuat Kue Putri Salju yang Enak Tidak Gampang Hancur
Cara membuat kue putri salju

Kue Putri Salju untuk Lebaran

Gak lama lagi kita akan mencapai hari kemenangan yakni hari raya idul fitri. Hari yang berbahagia sekaligus sedih bagi umat islam. Bahagia lantaran selama sebulan penuh kita berpuasa dengan menahan rasa lapar dan haus.

Sementara hari yang sedih lantaran kita akan berpisah dengan bulan suci Ramadan yang penuh dengan keberkahan, pahala dan ampunan dari Allah Subhanahuwata’ala dan berharap tahun depan kita masih bisa berjumpa lagi dengan bulan puasa Ramadan.

Berbicara hari raya Idul Fitri atau lebaran maka hari dimana kita disuguhkan oleh banyak sekali makanan dan kue-kue. Salah satu kue yang sering kita jumpai diantaranya adalah nastar dan kue putri salju.

Jika sebelumnya kita terbiasa membeli kue putri salju yang sudah jadi, mungkin tahun ini sobat mau mencoba membuatnya sendiri. Putri salju sendiri adalah kue sederhana yang terbuat dari mentega, gula pasir, tepung terigu dan kacang mete saja.

Nah agar kue putri saljunya berhasil dibuat dengan sempurna maka ada baiknya sobat baca tips membuat kue putri salju yang lezat berikut ini.

  1. Menggunakan Tepung Rendah Protein

Salah satu rahasia kue putri salju terasa renyah namun tidak keras adalah menggunakan tepung rendah protein. Semakin rendah kandungan protein pada tepung maka akan membuat kue putri salju semakin renyah dan nikmat.

Sobat juga bisa menambahkan tepung Maizena yang memang memiliki peran untuk mengikis protein pada tepung hingga habis, Maka tambahkan tepung Maizena ini agar kue putri salju nantinya menjadi semakin renyah dan tidak keras.

  1. Gula dan Tepung Diayak Terlebih Dahulu

Agar tepung yang digunakan yang halus maka bisa dilakukan pengayakan tepung yang dicampur gula halus. Ayaklah sehingga akan tersaring gumpalan tepung dan gula. Setelah itu tepung yang halus tinggal dijadikan adonan.

  1. Tidak Perlu Menggunakan Telur

Umumnya kue memang dibuat dengan campuran adonan dengan telur, namun perlu diketahui ternyata kue putri salju adalah jenis makanan kue kering yang tidak perlu menggunakan telur sebagai adonannya.

Hal ini lantaran penambahan telur bisa membuat kue putri salju mudah hancur. Namun jika memang diperlukan tambahan telur maka harus diperhatikan jumlahnya, mungkin maksimal hanya cukup satu telur saja.

  1. Jangan berlebihan Mengaduk Adonan

Kue Putri Salju yang baik adalah kue kering yang renyah dan tidak mudah hancur. Pengadukan adonan yang terlalu lama bisa menyebabkan adonan terlalu mengembang dan sulit untuk dibentuk sempurna.

Sebaiknya aduklah sampai semua bahan tercampur merata saja dan setelah itu tinggal dibentuk seperti halnya kue putri salju pada umumnya.

  1. Cetak Adonan dengan Ukuran Ideal

Nah setelah adonan siap maka waktunya mencetak kue putri salju, sebaiknya cetaklah adonan kue dengan ukuran tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal. Sesuaikan saja seperti halnya ukuran kue putri salju pada umumnya.

  1. Gunakan Kacang Mete

Kua putri salju identik dengan kacang mete maka sebaiknya jangan ganti kacang mete dengan kacang lainnya semisal kacang tanah yang akan sedikit merubah rasa identik dari kue putri salju.

  1. Panggang dengan Suhu Rendah

Proses pemangggangan kue putri salju dengan suhu rendah maka matangnya akan lebih merata hingga kedalam-dalamnya. Selain itu kue putri salju akan tetap terlihat putih dan tidak gosong.

Nah itulah tips membuat kue putri salju yang renyah dan tidak keras yang bisa sobat peraktekan dirumah, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"