Tips Membuat Videography Drone Lebih Cinematic

Membuat video drone cinematic – Hubsan Zino adalah drone pertama saya yang semi profesional atau sedikit agak menengah keatas lah. Hal ini lantaran spesifikasinya sudah cukup lumayan seperti drone GPS dengan fitur yang cukup lengkap serta kamera yang mampu merekam video hingga resolusi 4K.

tips membuat video drone cinematic

Meskipun resolusinya 4K namun jangan samakan dengan kualitas video hasil rekaman dari drone DJI ya seperti DJI Mavic Pro karena sudah pasti kualitasnya jauh banget. Meski begitu kualitas video Hubsan Zino sudah cukup lumayan bagus untuk membuat film.

Selain beberapa alasan diatas saya memutuskan meminang Hubsan Zino lantaran waktu itu harganya yang cukup murah yakni sekitar Rp.5 jutaan versi combonya dengan dua batrai, satu tas dan sparte part cadangan. Dibanding DJI Mavic Pro sudah pasti harganya 4 kali lipatnya dan saya gak sanggup bayar.

Alasan Membeli Drone

Selain itu saya membeli drone karena kebutuhan dalam pengambilan video dari atas. Apalagi saya tengah fokus menggarap youtube dengan tema videography keindahan alam sekitar serta review drone.

Awalnya saya menerbangkan drone hanya sebatas terbang saja untuk kebutuhan review Hubsan Zino, lama-kelamaan malah bosen karena tidak ada sesuatu yang bisa dibagikan di youtube karena konten review juga sudah cukup banyak.

Akhirnya saya mulai tertarik dengan dunia videography baik menggunakan kamera maupun drone sehingga peralatan pendukung juga perlu dibeli selain drone juga memiliki kamera Mirrorless Canon M50 serta stabilizer Zhiyun Weebill S.

Saya mulai menggarap video-video alam yang lebih cinematic dan memiliki tema. Kegiatan ini cukup menyenangkan dan menjadi hobby baru saya hingga akhirnya saya memenangkan kompetisi aerographic yang diadakan oleh Hubsan.

Dua kali menjadi juara kompetisi Hubsan Aerographic dan terakhir berhak dengan hadiah sebesar $700 (700 dollar) yang saya tukarkan dengan drone terbaru dari Hubsan yakni Hubsan Zino 2.

Berbekal pengalaman saya dalam membuat videography drone cinematic dan dua kali juara itulah saya akan mencoba memberikan tips bagi temen-temen bagaimana caranya memaksimalkan drone kamu hingga bisa membuat video cinematic yang bagus, nah berikut ini tips lebih jelasnya.

Cara Membuat Video Drone Cinematic

Saya jarang menerbangkan drone selain untuk kebutuhan pembuatan video cinematic, hal ini membuat drone saya cukup terawat dengan kualitas baterai yang terjaga. Nah bagi temen-temen yang pengen terjun dipembuatan videography dengan drone berikut tips-tips yang perlu diketahui.

  1. Survey Tempat Pengambilan Gambar

Punya drone hanya sebatas terbang dan merekam saja nantinya rekamannya akan terasa sia-sia dan dibuang. Agar rekaman tersebut bisa dinimkati banyak orang maka sebaiknya mulailah bikin video yang cinematic dan keren. Nah biasanya saya survey lokasi dulu menemukan tempat-tempat yang dirasa keren jika diambil videonya dari atas.

Jika berada dipedesaan akan lebih mudah menemukan tempat-tempat keren tersebut, asal kamu jeli kamu juga bisa mememukannya disekitaran tempat tinggal. Cobalah survey sambil memainkan imajinasi kamu.

Mungkin daerah disekitar rumah kamu bagi mereka biasa saja karena sudah sering lewat dan melihat. Tapi menurut kamu yang sudah main imajinasinya lokasi tersebut akan terlihat sangat indah jika diambil dari atas. Dan benar saja ketika kamu merekamnya dengan drone dan membaginya di jejaring sosial, maka mereka-mereka yang awalnya menganggap biasa justru akan “pangling” dan gak nyangka ternyata tempat tersebut indah banget.

  1. Waktu yang Tepat

Membuat video drone yang cinematic susah-susah gampang, intinya lokasi yang indah serta waktu pengambilan yang tepat akan membuat gambar video terlihat sangat epic. Antara pagi, siang dan sore saya lebih senang mengambil di pagi hari dan sore hari dibandingkan siang hari.

Pagi hari dari mulai matahari terbit hingga pukul 10 adalah waktu yang pas, sementara sore hari dari setelah ashar hingga matahari terbenam.

Suasana pagi hari saat sinar matahari mulai “menyapa malu” menembus pehonan dan persawahan atau saat sinar matahari mulai bercermin diatas sungai akan terasa sangat indah dan dramatis. Nah silahkan coba mengambil gambar diwaktu-waktu tersebut.

  1. Cara Pengambilan Video

Kalau cuman sebatas terbang diketinggian dan merekam kebawah maka hal itu sudah biasa dilakukan dan kebanyakan tidak mendapatkan gambar yang bagus apalagi kalau momennya tidak pas.

Coba perhatikan objek yang bakal kamu ambil gambarnya dan mulai berimajinasi kira-kira pengambilan dari sisi mana yang akan menghasilkan gambar yang bagus. Jika kamu sudah terbiasa maka kamu akan cepat mendapatkan momennya.

Namun jika kamu masih kesulitan coba ambil beberapa gambar dari satu lokasi tersebut dari beberapa arah drone. Perhatikan layar FPV di smartphone dan lihat momen-momen yang dirasa keren dan lakukan sekali lagi perekamannya.

Terbang rendah akan menghasilkan gambar yang sangat bagus, misalkan terbang rendah diatas sungai melewati perahu didepannya. Atau terbang rendah melewati pohon pinus dan langsung menuju pegunungan.

Kamu juga bisa melakukan pergerakan maju dan mundur serta menyamping, lakukan perekaman video untuk setiap pergerakan drone minimal 1 menit agar kamu mendapatkan footage yang pas dan memudahkan saat pengeditan video.

Maksimalkan fitur drone seperti terbang dengan mode orbit dengan mengelilingi sebuah objek, namun biasanya mengelilingi objek pada saat kamu berada ditengah, sementara jika ingin mengelilingi objek dan kamu tidak berada ditengah maka kamu harus melakukannya secara manual.

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk melatih keterampilan menerbangkan drone terutama untuk pergerakan mengelilingi objek, cukup susah bagi pemula tapi bukan berarti tidak akan bisa. Adegan video mengelilingi objek sangat bagus dan cocok untuk melengkapi footage video drone cinematic kamu.

Adegan menarik lainnya menurut saya adalah saat drone merekam objek didepannya dengan bergerak mendekat kemudian setelah mendekat kamera ditundukan ke bawah mengikuti objek yah tengah direkam dan hal itu menghasilkan gambar yang sangat bagus.

Hal yang cukup penting juga adalah kecepatan drone saat mengambil video. Pergerakan drone yang terlalu cepat akan membuat adegan tidak terlihat bagus. Lebih baik ambil gambar dengan kecepatan drone yang lambat atau sedang dan jika nantinya butuh adegan dengan pergerakan yang cepat tinggal diedit kecepatannya. Namun yang pasti video dengan pergerakan lambat akan banyak dibutuhkan.

  1. Hindari Pergerakan Drone yang Tiba-tiba

Pergerakan drone yang tiba-tiba akan merusak suasana video yang didapatkan. Misalkan kamu gak sadar tengah merekam gambar yang bagus banget dengan bergerak lurus seperti maju, mundur atau menyamping. Nah tiba-tiba kamu mendadak menggerakan drone ke posisi lain.

Alhamsil yang tadinya kamu sudah mendapatkan video yang bagus tiba-tiba menjadi rusak dan terpaksa video tersebut gak kepake dan dibuang. Sebaiknya rekamlah setiap pergerakan minimal 60 detik agar gambar yang sekiranya bagus tidak dirusak suasananya oleh pergerakan yang mendadak.

  1. Editing yang Sesuai

Bagian akhir adalah editing dari semua video footage drone kamu kamu pilih yang bagus-bagusnya yang sesuai dengan tema video kamu. Kemudian edit viddeo tersebut dengan memotong dan membuang adegan gak perlu kemudian sambungkan dengan video lainnya. Bahkankan backsound musik yang sesuai dengan temanya.

Atur transisi antar video dengan musiknya agar pas. Biasanya setiap pergantian bit musik ada transisi pergantian footage atau cuplikan videonya.

Nah itulah sekilas tentang bagaimana cara membuat videography drone yang cinematic. Hal terpenting adalah banyaklah hunting lokasi dan mengambil gambar ditempat-tempat tersebut. Mulailah editing dengan backsound yang sesuai dengan tema video kamu dan publish di cahnnel youtube kamu, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *