Tips Sukses Bisnis Online Bagi Pemula, Belajar Internet Marketing

Diposting pada

Bisnis online atau internet marketing seolah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar kaum milenial. Mencari uang melalui online dirasa membutuhkan modal lebih murah lantaran hanya memerlukan perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

agar sukses bisnis online

Selain itu faktor sulitnya mencari pekerjaan membuat sebagian orang lebih memilih bisnis online, minimal selagi mencari pekerjaan ke perusahaan-perusahaan lain mereka juga sambil menggarap bisnis didunia maya.

Kaum milenial lebih memilih bisnis online juga lantaran lebih bebas dalam mengatur waktu, mereka bisa leluasa mengerjakan bisnis online kapan saja dan dimana saja tanpa menganggu aktivitas menyenangkan lainnya. Mereka cenderung tidak mau terikat oleh peraturan-peraturan perusahaan.

Disisi lain bisnis online dijadikan sebagai peluang bisnis sampingan, mereka memanfaatkan dunia online sebagai pendukung bisnis offline yang tengah dijalani. Ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan fasilitas internet untuk mencari uang tambahan bisa dengan berjualan produk sendiri ataupun dropship.

Bisnis Online Tidak Semudah yang Dibayangkan

Banyak orang berpandangan bisnis online cukup mudah dijalankan lantaran hanya bermodal laptop dan jaringan internet saja. Mereka berpikir jika menjual sesuatu diinternet akan mudah lakuknya, teman-temannya di facebook cukup banyak, belum lagi jika melakukan promosi di grup-grup facebook.

Namun faktanya semuanya tidak semudah yang dibayangkan, sudah berhari-hari semenjak update status jualannya di facebook dan berbagai grup facebook dan WA ternyata masih belum ada yang membeli.

Belum lagi menjadi blogger yang mengandalkan pendapatan dari periklanan, sudah berbulan-bulan mengurus blog dengan rutin mengisi artikel setiap hari namun nyatanya pengunjung belum juga datang, sekalipun datang jumlahnya masih sangat sedikit dan belum bisa memberikan penghasilan yang cukup.

Kesimpulannya adalah bisnis online tidak semudah yang dibayangkan karena kamu masih perlu mempelajari teknik-teknik dasar untuk menjalaninya. Berjualan di internet tentu ada metodenya, begitupun menjadi blogger dengan mengandalkan penghasilan sebagai publisher.

Ingin Sukses Bisnis Online? Ini yang Diperlukan!

Peluang bisnis online memang memiliki sumber penghasilan yang cukup banyak, kamu bisa menjadi publisher dengan menjadi blogger, bisa juga menjual produk sendiri, menjadi dropshiper, affiliate dan lain sebagainya.

Meski banyak peluang usaha online yang bisa dikerjakan namun tidak semudah yang dibanyangkan untuk bisa sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya.

1. Fasilitas yang Memadai

Sebagai pembisnis online kamu perlu memiliki fasilitas yang memadai, tentu saja kamu minimal harus punya laptop dan jaringan internet yang stabil sehingga kamu bisa lebih leluasa saat bekerja.

2. Fokus di Satu Bidang

Dunia internet marketing sama halnya dengan dunia offline memiliki peluang usaha yang cukup beragam dan menggiurkan. Kamu bisa menjadi publisher dengan menggarap blog, bisa menjadi affiliate dan dropshiper atau menjual produk sendiri.

Menjadi blogger susah-susah gampang, susahnya adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog kita. Mudahnya lantaran kita hanya perlu update artikel setiap hari.

Selain itu menjadi blogger hanya membutuhkan modal yang sangat kecil, jika kamu menggunakan platform blogger yang dicustom domain hanya membutuhkan modal sekitar Rp.150.000 pertahunnya. Atau jika membeli hosting sendiri membutuhkan modal sekitar Rp. 1 jutaan pertahunnya.

Meski begitu kamu masih perlu mempelajari metode dasar dalam mengurus blog seperti memperlajari SEO baik On Page maupun Off Page. Metode SEO ini meliputi banyak hal semisal cara membuatan artikel yang baik dan benar, penyusunan tampilan blog, cara memperkuat blog dan lain sebagainya dengan tujuan mendapatkan posisi yang baik di Google search.

Sementara “ngeblog” sendiri memiliki beberapa macam seperti blog manual yakni dengan menulis artikel secara mandiri juga ada blog yang semi otomatis dan otomatis yang biasa disebut AGC (Auto Generate Content) dimana blog dengan sendirinya akan mengisi artikel.

Nah kamu harus menentukan dari awal apakah akan menggarap blog manual atau menggarap blog AGC yang membutuhkan modal besar dan memerlukan skill yang lebih.

Apalagi didunia internet marketing banyak “mastah” atau yang ahli dibidangnya kerap membuka pelatihan berbayar yang tidak murah untuk berbagai metode ngeblog yang diajarkan. Mereka menjanjikan penghasilan yang melimpah hingga mampu meraup penghasilan puluhan juta perbulan.

Jika dibutuhkan silahkan ambil salah satu pelatihan dari mastah tersebut kemudian fokus dibidang tersebut jangan sampai ilmu yang diajarkan belum dipraktekan hingga maksimal sampai berpenghasilan kamu sudah pindah ke metode lainnya.

Kebanyakan pemula di bisnis online gagal lantaran mereka mudah tergiur dengan berbagai metode yang ditawarkan sementara metode yang tengah dikerjakan masih dalam tahap proses hingga sampai berpenghasilan.

Didunia ngeblog membutuhkan waktu yang tidak sebentar, untuk beberapa metode ngeblog manual rata-rata membutuhkan waktu 3 bulan hingga 1 tahun sampai blognya ramai pengunjung dan berpenghasilan.

Sementara untuk blog AGC tergantung dari beberapa faktor, jika tengah beruntung dengan metodenya maka hari itu juga bisa langsung mendatangkan traffik yang tinggi, hanya saja blog AGC tidak akan bertahan lama, bisa saja hari berikutnya langsung hilang di pencarian google.

3. Konsisten dan Pantang Menyerah

Banyak pemula bisnis online yang gagal ketimbang yang sukses lantaran mereka tidak konsisten dalam menjalani bisnisnya. Sebut saja sebagai blogger, mereka sedang mengurus blog dengan tema A dan diurus berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Namun traffik masih belum juga datang akhirnya putus asa, kemudian mereka melihat blog orang lain yang membahas tema B yang ramai dikunjungi pengunjung, akhirnya dia memutuskan membuat blog tema B, sementara yang tema A ditinggalkan.

Dengan kata lain mereka memulainya dari nol lagi. Padahal jika kita membuat blog dan mengurusnya dengan baik bisa saja gak lama lagi blog tema A akan mulai mendatangkan traffik. Hanya saja ngeblog memang masih membutuhkan waktu beberapa bulan.

Belum lagi ada mastah yang menawarkan metode ampuh berjualan online dengan menjadi dropshiper. Akhirnya menjadi blogger ditinggalkan dan beralih menjadi dropshiper. Alhasil semua metodenya hanya baru kamu cicipi dan belum kamu rasakan hasilnya.

Intinya untuk meraih kesuksesan di bisnis online kamu hanya perlu fokus dan istikomah disatu bidang dan metode. Pilih apakah mau jadi blogger, dropshiper, menjual produk sendiri, affiliate atau lainnya. Fokus dan konsisten sampai apa yang kamu kerjakan bisa menghasilkan.

Jika sudah menghasilkan secara konsisten dan bisa dijadikan pondasi keuangan kamu, maka kamu boleh mempelajari metode lain dan bisnis lain di internet. Semuanya memang membutuhkan waktu karena bisnis itu tidak ada yang instan.

4. Ikhlas dan Banyak Berdoa

Jangan lupa, kita hanya bisa berusaha sebisa kita, masalah rejeki tetap Allah yang atur. Namun apa yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh tentu akan lebih cepat berhasil ketimbang yang setengah-setengah. Jangan tinggalkan ibadah dan berdoa agar apa yang kita kerjakan dimudahkan dan berhasil.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis online kita sukses, semoga apa yang saya berikan ini bisa bermanfaat bagi semua.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *