Tutorial Cara Membeli Domain Dot Com untuk Blog atau Website

Diposting pada

Judulnya bener-bener nubie banget ya “cara membeli domain dot com untuk blog“. Saya sengata membuat judul tersebut lantaran masih banyak yang kebingungan apa itu dot.com dan bagaimana cara mendapatkannya, terutama bagi mereka-mereka yang bener-bener baru banget didunia online.

Mengenai apa itu domain dan hosting sobat bisa menuju artikel sebelumnya yang saya bahas cukup detail yakni Rekomendasi Beli Domain Hosting Terbaik Murah Berkualitas.

Sekilas Pengertian Domain

Domain sendiri adalah nama sebuah blog atau website seperti halnya blog saya ini memiliki nama domain www.deniandrian.com. Nah sobat yang berencana membuat blog maka alangkah lebih baiknya membeli domain terlebih dahulu agar blog sobat nantinya mudah diingat oleh orang lain.

Domain sendiri terdiri dari beberapa model seperti domain TLD (Top Level Domain) yang biasanya berakhiran .com. | .net | .org dan lain sebagainya atau model seperti .co.id dan lain sebagainya. Nah sobat tinggal menentukan domainnya mau berakhiran apa, kalau umumnya sih dot com (.com).

Tips Memilih Nama Domain

Meski terdengar sederhana namun ternyata memilih nama domain sangatlah membingungkan, kita bingung mau memilih nama domain apa yang bagus untuk blog. Apakah akan menggunakan nama domain sesuai nama pribadi atau membuat nama domain baru sesuai brand atau tema blog kita nantinya.

beli domain

Pertama yang perlu sobat perhatikan yaitu niche atau tema blognya, apakah blognya bertema umum yang semua artikel bisa masuk maka sobat bisa menggunakan domain dengan nama pribadi misalkan blog saya ini deniandrian.com.

Blog dengan nama pribadi bisa sekaligus membranding diri pribadi didunia online, barangkali jika blog kita nantinya bermanfaat bagi pengunjung maka otomatis nama kita juga bakal keangkat.

Atau jika sobat ingin membuat blog yang spesifik membahas satu tema misalkan membahas smartphone maka sobat bisa memikirkan nama domain yang cocok semisal gadgetgue.com, ponseljoss.com dan lain sebagainya.

Silahkan pikirkan nama domain dengan seksama karena nama domain akan menentukan mood kita dalam membangung blog selanjutnya.

Cara Membeli Domain untuk Blog

Sebagai contoh saya membeli domain di layanan idwebhost dan sobat bisa mencobanya membelinya di layanan tersebut silahkan menuju link berikut ini : idwebhost.

  • Pertama tentu saja sobat harus menyiapkan email aktif yang sering digunakan untuk melakukan pendaftaran pada layanan domain tersebut.
  • Setelah menuju layanan idwebhost selanjutnya sobat ketikan dikolom “CARI” nama domain yang ingin dibeli. Misalkan saya mengetikan nama domain CINEMDRONE kemudian klik CARI.
cara beli domain
  • Jika tersedia maka akan ada ceklis hijau dan bisa sobat beli, disini terlihat hampir semua ekstensi domain tersedia seperti cinemdrone.com, cinemdrone.id, dan lain sebagainya. Silahkan tinggal di klik “Beli Sekarang”.
cara membeli domain
  • Maka akan menuju halaman berikutnya seperti pada gambar sobat tinggal pilih apakah akan membeli domain saja atau dengan hostingnya. Jika akan membeli domain saja maka tinggal di klik pada pilihan “DOMAIN SAJA”.
cara membeli domain
  • Selanjutnya scrol kebawah dimana sobat harus mengisi data-data lengkap seperti nama dan alamat, jangan lupa isi email yang sering digunakan dan password (pasword baru untuk login ke IDWEBHOST). Maka isikan dengan benar kemudian pilih metode pembayaran disamping kanan, disana tersedia beberapa metode pembayaran dari berbagai bank.
cara beli domain dot com
  • Jika sudah benar kemudian scrol lagi kebawah dan klik “CHECKOUT” untuk melakukan pembayaran.
cara beli domain
  • Silahkan cek email sobat karena invoice pembayaran akan dikirim ke email, baca lagi yang ada di email cara melakukan pembayarannya kemudian bayarkan sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  • Jika sudah dibayarkan silahkan login ke akun IDWEBHOST sobat untuk melihat domain yang sudah dibeli dan aktif. Domain tersebut kini bisa digunakan.

Catatan:

Domain bisa digunakan jika sobat sudah membeli hosting dan menginstalnya di hosting yang dimiliki. Namun jika tidak memiliki hosting domain bisa digunakan di blogspot yang di custom domain.

Nah itulah langkah-langkah membeli domain untuk blog atau web. Caranya sangat mudah dan bisa dipahami, semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *