Tutorial Google Hangouts Meet untuk Rapat atau Belajar Dirumah

Penyebaran virus Corona atau Covid19 didunia kian menghawatirkan termasuk di Indonesia yang membuat semua aktifitas terganggu. Banyak perkantoran yang tutup dan mewajibkan karyawannya bekerja dirumah juga sekolah yang diliburkan sehingga aktifitas belajar dilakukan dirumah.

tutorial google hangouts meet

Pemerintah terpaksa mengeluarkan kebijakan semua kegiatan “Dirumahsaja” demi mencegah penyebaran virus corona yang memang sejauh ini menular dari manusia ke manusia. Pergerakan manusia kian dibatasi, kumpul-kumpul sementara dilarang, rumah makan tak lagi boleh menerima pelanggan untuk makan dilokasi melainkan harus dibungkus dan dibawa pulang dan lain sebagainya.

Agar kegiatan “dirumahsaja” tetap produktif beberapa kantor dan sekolah melakukan kegiatannya secara online. Beberapa menggunakan aplikasi whatsapp untuk setor hasil kerjaan dan belajar siswanya, namun fitur aplikasi ini masih sangat terbatas.

Sementara beberapa memanfaatkan fasilitas google meet agar bisa tetap melakukan tatap muka secara online streaming. Kegiatan rapat maupun belajar masih bisa dengan cara tatap muka sehingga semuanya terpantau dengan jelas. Menariknya Siaran langsung telekonferensi dengan google meet bisa menampung hingga lebih dari 300 peserta.

Cara Melakukan Rapat atau Belajar Online dengan Google Hangouts Meet

Agar kamu bisa melakukan rapat atau belajar dirumah menggunakan Google Hangouts Meet maka sebelumnya kamu harus memiliki akun G Suite dan bisa diakses melalui laman ini https://gsuite.google.co.id/intl/id/. Kamu akan mendapatkan masa ujicoba gratis selama 14 hari. G Suite ini khusus bagi kamu yang membuat rapat sementara yang diundang rapat tidak memerlukan G Suite.

akun google suite

Kemudian setelah memiliki akun G Suite langkah selanjutnya adalah mengakses Google Hangouts Meet di tautan ini :https://meet.google.com/.

Selain bisa digunakan melalui perangkat komputer, rapat atau belajar online dengan Google Meet juga bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone dengan menginstal aplikasi google meet di playstore, pastikan kamera dan microphone perangkat kamu dalam keadaan aktif saat menggunakan aplikasi ini.

Kamu juga bisa mengatur kualitas video yang ditampilkan pada layar dari mulai resolusi rendah hingga tinggi agar gambar terlihat lebih jernih.

Tutorial Google Hangouts Meet

Buka aplikasi google meet baik pada laptop melalui browser kesayangan kamu ataupun pada smartphone kamu kemudian login menggunakan akun gmail. Nantinya akan ada tombol plus pada layar smartphone dan tinggal di klik saja.

Atau pada layar laptop kamu tinggal pilih “start meeting” dan tambahkan beberapa orang yang ingin diajak telekonferensi dengan cara mengirimkan tautan undangan berupa PIN baik melalui nomor ponsel, Whatsapp, email maupun lainnya yang tersedia.

Agar lebih terencana dengan baik pembuat rapat bisa memanfaatkan google calender dengan memasukan nama-nama yang akan diajak rapat kedalam kalender. Nantinya secara otomatis pada tanggal yang sudah dutentukan maka undangan rapat termasuk PIN akan langsung terkirim otomatis.

Jika karena suatu hal kamu harus keluar dari rapat kemudian ingin masuk kembali kedalam rapat online maka kamu tinggal menekan tombol Rejoin.

Nah itulah tutorial singkat Google Hangouts Meet, hal ini sangat membantu bagi kita yang tidak bisa keluar rumah lantaran menjaga dari virus Covid19. Aplikasi ini sangat membantu untuk kegiatan rapat atau belajar mengajar siswa sekolah.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *