Tutorial Lengkap Blogger Pemula dengan Penjelasan Gambar

Diposting pada

Diartikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai cara membuat blog di blogger dengan domain blogspot. Nah kali ini akan saya jelaskan lebih detail lagi mengenai tutorial blogger pemula.

Jadi sobat gak bakal bingung lagi bagaimana cara membuat blog di blogger karena akan dilengkapi dengan gambar. Oh ya, sebagian besar dari kita membuat blog karena alasan “bisnis online” dengan berharap bisa menghasilkan uang dari blognya tersebut.

Memang gak salah namun untuk mencapai ketingkat “penghasilan” maka langkah pertamanya adalah sobat wajib memiliki blog yang kemudian diurus dengan sepenuh hati hingga akhirnya blog tersebut berkembang dengan traffik atau pengunjung yang terus meningkat.

tutorial blogger pemula

Agar Berpenghasilan dari Blog

Ada beberapa hal yang wajib dimiliki oleh blogger pemula agar kedepannya mampu berpenghasilan diantaranya:

  1. Kuatkan tekad untuk terjun didunia blogging
  2. Buatlah blog yang baik dan benar jangan nanggung-nanggung
  3. Urus blog sebaik mungkin dengan mengisi artikel secara rutin
  4. Hindari hal-hal yang merugikan blog sobat seperti “salah nyepam”, dan lain-lain.
  5. Jangan menyerah kalau baru beberapa bulan ngeblog, rata-rata blog manual membutuhkan waktu hingga enam bulan untuk menghasilkan traffik.

Alasan Pilih Blogger

Nah kenapa pilih blogger? Jangan dikira meskipun blogger hosting gratisan alias kita gak perlu beli hosting untuk blog namun blogger cukup powerfull mendatangkan traffik dan juga penghasilan.

Selain itu blogger juga mudah digunakan sehingga sobat yang bener-bener pemula akan cepat bisa menggunakan Blogger.

Jadi kenapa pilih blogger? Ya karena gratis dan mudah digunakan. Blogger juga milik Google sehingga bisa dipercaya menyimpan blog kita selain itu juga bisa dimonetisasi dengan Google Adsense.

Tutorial Lengkap Blogger dengan Penjelasan Gambar

Berikut ini tutorial blogger lengkap dengan penjelasan gambar dari awal sampai akhir, silahkan disimak.

  • Buatlah email dari Gmail, kalau masih belum bisa juga bikin email, silahkan lihat disini klik aja: Cara Daftar Gmail.
  • Login ke blogger.com menggunakan akun gmail tadi. silahkan buka http://www.blogger.com kemudian login dan nantinya sobat harus membuat nama profil yang bakal ditampilkan di bloggernya, klik “LANJUTKAN KE BLOGGER”.
tutorial blogger lengkap
  • Klik “BUAT BLOG BARU”.
tutorial blogger lengkap
  • Masukan “JUDUL BLOG/TITLE“, misalkan judulnya “Dekomari Kamar Kost Terlengkap”. Setelah itu isi alamat blog misal “dekorkamarkos” jika ada centang biru berarti alamat blog tersedia. Pilih “THEME” klik salah satu saja dan KLIK “CREATE BLOG”.
tutorial blogger pemula
  • “Google Domains”, jika ingin membeli domain TLD misal .com dan lainnya silahkan klik “search”. Tapi lebih baik jangan saja, klik “NO THANKS”.
tutorial blogger pemula
  • BLOG sudah jadi dengan tampilan “DASHBOARD” atau tempat kerja kamu mengurus blog. KLIK “VIEW BLOG” untuk melihat tampilan blognya.
tutorial blogge rpemula
tampilan dashboard blog
tutorial blogger pemula
tampilan blog setelah jadi

CARA MENGURUS BLOG (MEMAHANI MENU DASHBOARD BLOGGER).

Setelah blog dibuat maka saatnya kita aktif mengurus blognya dari Dashboard, bagaimana cara merubah “THEMES BLOG”, Mengisi artikel dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Mengisi Artikel blog

Klik pada menu “POST” kemudian klik “NEW POST” maka akan muncul tempat untuk membuat artikel. Isikah “JUDUL ARTIKEL” kemudian isi artikelnya.

tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula
  1. Input Gambar Pada Artikel

Klik pada menu “INSERT IMAGE (1)” kemudian pilih “CHOOSE FILE (2)” dan pilih gambar yang ada di laptop sobat, setelah ke upload “KLIK GAMBARNYA (3)” dan “ADD SELECTED 4”.

tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula
  1. PUBLISH ARTIKEL kemudian lihat hasilnya dengan mengklik “VIEW” atau “VIEW BLOG”.
tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula

CARA GANTI THEME ATAU TEMPLATE BLOGGER

Sobat juga bisa mengganti template blogger dengan yang sesuai keinginan, namun sebelumnya silahkan cari dulu templatenya di google pencarian kemudian download.

tutorial ganti template blogger
  • Klik menu “THEME” kemudian klik “BACKUP/RESTORE” dipojok kanan atas.
tutorial blogger pemula
  • Pilih “CHOOSE FILE” untuk mengupload THEMES atau TEMPLATE yang sudah didownload tadi. Upload file xml-nya.
tutorial blogger pemula
  • Template sudah terupload atau terinstal di blog, silahkan klik “VIEW BLOG” untuk melihat perubahannya.
tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula
  • Tampilan blog masih acak-acakan dan belum rapi, untuk merapikannya silahkan edit bagian “MENU” dan isi minimal 5 artikel agar terlihat jelas perubahannya.

CARA MENGGANTI MENU-MENU PADA TEMPLATE BLOGGER

  • Sebelum mengedit menu-menunya silahkan buat beberapa halaman misalkan halaman “About”, “Privacy Polocy”, “Contact” dan lain sebagainya, caranya klik pada menu “PAGES” kemudian klik “NEW PAGE”.
tutorial blogger pemula
  • ISI judul halaman misalkan “About” kemudian isi artikel mengenai blog sobat tersebut dan KLIK PUBLISH. Buatlah beberapa halaman lainnya seperti CONTACT, PRIVACY POLICY, SITEMAP dan lainnya.
tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula
  • Masuk ke menu “THEME” dan klik “EDIT HTML” untuk mengedit Menu-menu pada tampilan blognya.
tutorial blogger pemula
  • Maka akan muncul halaman utama HTML dari blog sobat, kemudian cari kata-kata yang mau dirubah yang ada di blog kamu misalkan “MENU” yang ada diatas. Maka pada halaman HTML tekan CTRL+F untuk menampilkan kolom pencarian dan ketik “MENU atau SubMenu1” dan ENTER.
tutorial blogger pemula
  • Ini adalah MENU di HTML blog sobat dan ketika dirubah kata-katanya maka tampilan di blog akan berubah. Sebagai contoh akan kita rubah dengan halaman “ABOUT, CONTATCT, PRIVACY POLICY dan SITEMAP”.
tutorial blogger pemula
  • Ganti dengan menu-menu susuai dengan nama halaman yang dibuat kemudian pada TANDA PAGAR (#) masukan link dari halaman kamu, setelah itu SAVE THEME dan lihat hasilnya.
tutorial blogger pemula
tutorial blogger pemula

MENYESUAIKAN LAYOUT BLOGGER

  • Klik pada “LAYOUT” maka sobat bisa mulai merapikan tampilan blog seperti memasukan logo blog, menambah widget dan lain sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan keinginan.
tutorial blogger pemula
  • Pada “ADD GADGET” maka sobat bisa memilih gadget apa saja yang mau dipasang di blog misalkan “Popular Post”, “Recent Post”, “Labels” dan lain sebagainya. Sesuaikan letak gadget dengan mendragnya ke tempat yang diinginkan.
tutorial blogger pemula

Nah ilihat tutorial lengkap Blogger untuk pemula, semoga saja temen-temen faham dengan apa yang saya share dirtikel ini, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”