Usaha Makanan Buka Puasa saat Ramadan yang Pasti Laris

Diposting pada

Usaha Makanan saat Ramadan – InsyaAllah, Ramadan sebentar lagi akan menjumpai kita semuanya. Bulan puasa Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah dimana umat islam diseluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Usaha Makanan Buka Puasa saat Ramadan yang Pasti Laris
Peluang usaha makanan bulan puasa Ramadan

Puasa yang bukan hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar tapi juga menahan hawa nafsu yang mendorong kita untuk berbuat tidak baik. Selama Ramadan ini kita sekaligus berlatih untuk menahan semua hal yang dilarang oleh Allah Subhanahuwata’ala agar dibulan-bulan lainnya kita jadi terbiasa untuk berbuat baik antar sesama.

Bulan Ramadan segala amal ibaadah kita yang sesuai syariat akan dilipat gandakan pahalanya, maka momen Ramadan ini banyak umat islam berlomba-lomba berbuat kebaikan, memperbanyak ibadah, bersedekah dan lain sebagainya.

Disisi lain Ramadan juga menjadi momen bagus untuk membuka peluang usaha makanan. Biasanya akan banyak masyarakat yang memanfaatkan momen Ramadan untuk bejualan makanan untuk berbuka puasa seperti aneka takjil atau makanan pembuka puasa lainya.

Tentu siapapun termasuk sobat sekalian bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan untung secara finansial, pahala ibadah dapat dan uangpun dikantongi cukup untuk membeli baju lebaran, Alhamdulillah.

Peluang Uasaha Makanan Ramadan

Lantas peluang usaha makanan apa saja yang cocok dijual pada saat Ramadan, tentu saja ada banyak varian makanan yang bisa kita buat dan jajakan, berikut ini diantaranya.

  1. Aneka Kolak

Makanan pembuka puasa di masyarakat kita memang tak lepas dari makanan-makanan yang manis-manis dan yang paling populer adalah Kolak. Maka sobat bisa memanfaatkan peluang usaha makanan di Bulan Ramadan dengan berjualan kolak.

Pastinya pas Ramadan tiba akan ada banyak yang berjualan kolak maka tinggal bagaimana caranya kola jajakan sobat sekalian menjadi lebih laris manis.

Mungkin bisa mengatur secara maksimal dari segi harga sehingga tidak terlalu mahal namun memiliki takaran yang lebih banyak dan padat, jangan lupa masalah rasa menjadi prioritas yang harus diperhitungkan. Rasa yang enak akan membuat pembeli menjadi langganan sobat sekalian setidaknya untuk satu bulan kedepan, cukup lumayan bukan?

  1. Aneka Sirup dan es campur

Selain kolak maka jajanan yang cukup banyak dicari pada saat berbuka puasa adalah aneka sirup atau es campur. Sirup menjadi menu pembuka puasa yang cukup nikmat lantaran selain manis juga dingin sehingga cukup mengobati rasa dahaga pada saat berpuasa selama siang.

Maka agar laris manis saat dijual sobat perlu memberikan nilai lebih pada sirup atau es campur yang dijual dan pastinya rasanya harus nikmat.

  1. Aneka Gorengan

Masyarakat Indonesia gemar sekali dengan yang namanya gorengan, selain sebagai cemilan terkadang gorengan juga dimanfaatkan sebagai lauk untuk makan.

Sobat bisa membuat gorengan tempe, gorengan pisang, pisang molen, tahu gejrot dan lain sebagainya. Buatlah gorengan sebaik mungkin dengan harga yang terjangkau. InsyaAllah akan laris manis.

  1. Lauk Pauk Temannya Nasi

Jika diperkotaan ada banyak orang yang tidak sempat untuk memasak dan mereka hampir setiap hari terbiasa untuk membeli makan. Maka jualan lauk pauk ataupun paketan makanan lengkap bisa menjadi pilihan utama sobat membuka usaha makanan di bulan puasa Ramadan.

Saya pernah di Jogjakarta selama 6 tahun dan hampir setiap hari beli makan diluar, jika bulan puasa tiba maka seluruh tempat makan selalu padat pembeli.

Tinggal bagaimana sobat meracik tempat makan atau makanan yang disajikan agar menarik banyak pembeli.

  1. Es Cincau

Saya suka sekali Es Cincau yang terbuat dari daun cincau dan bisa mendinginkan perut. Cincau sendiri sangat baik untuk pencernaan dan bisa meredakan panas dalam. Maka membuat es cincau saya pikir akan laku dipasaran.

Usaha Bahan Makanan di Bulan Ramadan

Selain usaha makanan di bulan puasa Ramadan, sobat bisa juga berjualan bahan-bahan pendukung menu-menu makanan berbuka puasa diantaranya.

  1. Berjualan Kolang Kaling

Kolang Kaling menjadi bahan makanan yang paling banyak dibeli lantaran bisa menjadi pelengkap pembuatan kolak. Temen-temen bisa berjualan kolang kaling tinggal mencari penati yang mau mensuplai buah pohon aren ini.

  1. Berjualan Gula Merah

Gula merah juga menjadi bahan makanan yang paling banyak dicari selain sebagai bumbu makanan pada bulan puasa akan ada banyak masyarakat membuat makanan yang manis-manis seperti kolak dan sirup, maka sangat tepat jika sobat berjualan gula merah.

  1. Berjualan Kelapa Tua

Permintaan kelapa tua pada bulan puasa Ramadan sangat meningkat. Banyak makanan yang menggunakan bahan-bahan santan kelapa seperti kolak, rendang, opor ayam dan lain sebagainya. Jika punya channel ke petani kelapa maka berjualan kelapa tua bisa menjadi pilihan utama sobat sekalian.

  1. Bahan Kolak dan Sirup

Bahan-bahan kolak dan Es buah menjelang bulan puasa Ramadan pastinya akan semakin meningkat seperti pisang, ubi, semangka, sirup, agar-agar dan lain sebagainya.

  1. Bumbu Masakan

Bulan biasapun bumbu masakan menjadi bahan pokok yang wajib dibeli apalagi pada saat bulan puasa Ramadan maka akan banyak permintaan bumbu masakan sehingga bisa menjadi peluang usaha makanan yang pas banget pada saat Ramadan.

Nah itulah beberapa pilihan usaha makanan bulan Ramadan yang pasti laris manis dipasaran, sobat silahkan mencobanya dan semoga mendapatkan rejeki dan pahala yang banyak juga berkah, amiinnn.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"