Yang Dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika dalam Kitab Sutasoma Adalah

Diposting pada

Halo semuanya kali ini saya mau berbagi informasi mengenai yang dimaksud dengan bhinneka tunggal ika dalam kitab sutasoma. Kita sebagai warga negara Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Bhineka Tunggal Ika lantaran kalimat ini terdapat dalam lambang negara Garuda Indonesia.

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika

Secara umum kita mengenal arti dari Bhineka Tunggal Ika yakni meski kita berbeda suku dan agama namun kita adalah satu kesatuan bangsa yakni Bangsa Indonesia. artinya kita sebagai warga negara Indonesia adalah satu tubuh yang bisa saling melengkapi dan menghormati satu sama lainnya.

Pengertian yang Dimaksud Bhinneka Tunggal Ika dalam Buku Sutasoma.

Maka yang dimaksud dengan Bhineka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma adalah (Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua).

Pengertian yang Dimaksud Bhinneka Tunggal Ika dalam Lambang Negara Garuda Indonesia

Yaitu meski kita berbeda-beda namun tetap satu.

Dari uraian diatas maka semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna yaitu bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk yakni terdiri dari banyak suku, budaya, ras, agama dan lain sebagainya namun menjadi satu kesatuan yakni sebangsa dan setanah air.

Nah itulah pengertian mengenai Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Semboyan ini harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa saling menghargai satu sama lain dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”